KAJIAN KITAB BADA’IUZ ZUHUR BAGIAN 002 : TERJADINYA 'ARASY

BADA’IUZ ZUHUR BAGIAN KE 002

PROSES TERCIPTANYA ‘ARASY

Kitab Bada’iuz Zuhur karya Syekh Muhammad bin Ahmad bin Iyas al-Hanafi ra, yang menceritakan kisah-kisah sepanjang masa, yang dimulai dari kisah terjadinya awal penciptaan hingga hari kiamat. Di dalam kitab ini juga diceritakan kisah-kisah para nabi, dari nabi Adam hingga nabi Isa, as. Bahkan terdapat juga kisah para nabi yang bukan rasul dan nabi-nabinya bani israil. Admin memohon maaf dan koreksinya jika ada salah dalam penulisan, dan penafsiran atau terjemah dalam artikel ini. semoga membawa berkah bagi kita semua. amin.

(ذكر خلق العرش)

أخرج ابن أبى حاتم فى تفسيره عن عمر إن الله تعالى خلق العرش من نوره والكرسي ملتصق بالعرش وحول العرش أربعة أنهار, نهر من نور يتلألأ ونهر من نار تلظى ونهر من ثلج أبيض ونهر من ماء, والـملائكة قيام فى تلك الأنهار يسبحون.

Abi Hatim, meriwayatkan dalam tafsirnya yang disadur dari Umar, beliau berkata : Bahwa Sesungguhnya Ta’ala menciptakan ‘Arasy dari Cahaya-Nya, dan ‘Arasy itu melekat pada singgasana ( Kursi) dan di sekeliling singgasana ada empat sungai yang berkilauan. Ada sungai dengan berkilauan api, ada pula sungai dengan kilau bersalju putih, dan ketiga sungai air. Dan para malaikat berdiri di sungai itu, seraya memuji Kebesaran Allah .

 (وعن) إبن أبى حاتم قال : خلق الله العرش من زمردة خضراء وخلق له أربع قوائم من ياقوتة حمراء ما بين القائمة إلى القائمة مسيرة ثمانين ألف عام, واتساعها مثل ذلك وهو كهيئة السرير. والقوائم تحملها ثمانية من الـملائكة وهو كالقبة على الـملائكة والعالم. وعن أبى حاتم عن النبي ﷺ أنه قال : إن العرش كان على الـماء, فلما خلق الله السموات جعله فوق السموات السبع, وجعل السحاب كالغربال للـمطر, ولولا ذلك  لغرقت الأرض.

(Dan dari) Ibnu Abi Hatim beliau berkata: Allah menciptakan ‘Arasy dari batu zamrud hijau dan menciptakan baginya empat kaki dari batu rubi merah. Antara tiang satu dengan tiang lainnya berjarak delapan puluh ribu tahun perjalanan kaki, dan lebarnya pun sama, dan bentuknya seperti tempat tidur/ranjang. Kaki-kakinyanya disangga oleh delapan malaikat, bagaikan kubah yang menutupi para malaikat dan dunia.

Riwayat daeri Abu Hatim, Kanjeng Nabi Muhammad , bersabda : Arsy itu berada di atas air, maka ketika Allah menciptakan langit, DIA meletakkannya di atas tujuh langit, dan DIA menjadikan awan seperti saringan untuk menampung hujan, dan jika tidak ada saringan itu, maka bumi akan tenggelam.

ويقال إرتفاع السحاب  عن الأرض إثنا عشر ميلا. (وقال) عِكرمة إن الله تعالى ينزل الـمطر من السماء القطرة كالبعير, ولولا أن السحاب والرياح تفرقها لفسد كل ما تقع عليه من النبات والبهائم. وقد قال الله تعالى : وَهُوَ الَّذِىْ يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا. (الفرقن : 48)

Dikatakan bahwa tingginya awan sepanjang dua belas mil* di atas permukaan tanah. (Dan) Ikrimah berkata, “Allah Yang Maha Esa menurunkan hujan dari langit dalam bentuk tetesan sebesar unta, dan jika awan dan angin tidak menyebarkannya, niscaya semua tumbuhan dan hewan yang jatuh atasnya akan musnah.” Allah berfirman dalam Surat Al-Furqon ayat 48 yang artinya: Dialah yang mengirimkan angin membawa kabar baik. (Al-Furqan: 48)

*(1 mil setara dengan 1.609,344 jika 12 mil maka jaraknya adalah = 19.312,128 KM).

   (ذكر أخبار الـمطر)

KISAH TENTANG HUJAN

قال ابن عباس رضي الله عنهما إن الله تعالى  وَكَلَ بالـمطر ملائكة فلا تنزل قطرة  إلا ومعنها ملك يضعها حيث شاء الله تعالى, إما فى البر  وإما فى البحر. فإذا كان على الأرض  أنبت الله به الزرع والأعشاب وهو قوله تعالى : وهو الذى أنزل من السماء ماء فأخرج به نبات كل شيئ (الأنعام : 99)   

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata : bahwa Allah telah menitipkan hujan kepada para malaikat, sehingga tidak ada setetes air pun yang jatuh kecuali ada malaikat yang bersamanya, dan menempatkannya dimana saja yang dikehendaki Allah baik di darat maupun di laut. Seandainya hujan itu jatuh ke bumi, maka Allah akan menumbuhkan tanaman dan tumbuh-tumbuhan di atasnya, sesuai dengan firman Allah  : Dan Dialah yang menurunkan air dari langit dan dengan air itu menumbuhkan segala sesuatu (QS. Al-An'am : 99).

وإن كان فى البحر يخلق الله تعالى منه اللؤلؤ الصفار والكبار. قال أَرِسْطَاطَالِيسْ : أن الـمطر يقع فى البحر الـمحيط بالدنيا وذلك وقت هبوب الريح الشمالى, فإذا هاج البحر بالأمواج نزل من السماء مكر عظيم فصعد من ذلك البحر صدف على وجه الـماء ويفتح فاه القطرة من الـمطر كما يلتقم الفرج النطفة, فلا يزال الصدف يعمد إلى مواضع غى البحر لينعقد الـمطر فيصير درا. فإذا نعقد تغوص الصدفة إلى قعر البحر ويجمعونها فى أوعية موضوعة فى صدورهم فيعمد إليها الغواصون. وإذا تركت الدرة فى الصدفة وطال مكثها فى البحر فسدت وتغير لونها كالثمرة, إذا تركت على الشجرة ولم تقطف فى أوانها.        

Sekalipun hujan itu turun di dalam laut, maka Allah akan menciptakan dari dalamnya mutiara-mutiara, baik yang kecil maupun yang besar. Aristoteles berkata: Hujan turun di laut yang mengelilingi dunia pada saat angin utara bertiup, dan ketika laut diguncang gelombang, tipuan besar turun dari langit, dan dari laut itu cangkang kerang naik ke permukaan air dan membuka mulutnya untuk menerima setetes air hujan seperti halnya vulva yang menangkap sperma, sehingga cangkang terus pergi ke tempat yang tidak terlihat. Laut untuk menampung air hujan dan menjadi tetesan air hujan. Ketika mereka diikat, cangkangnya tenggelam ke dasar laut, dan mereka mengumpulkannya dalam wadah yang ditempatkan di peti mereka, dan para penyelam mendatanginya. Mutiara yang dibiarkan dalam cangkangnya dan lama terendam di laut akan rusak dan berubah warna, seperti halnya buah jika dibiarkan di pohon dan tidak dipetik pada waktu yang tepat.

(وحكي) أن أعرابيا قدم إلى البصرة ومعه درة نفيسة فأتى بها إلى عطار هناك وسأله أن يشتريها منه فاشتراها منه بأبخس الأثمان. ثم إن العطار سأل الأعرابي من أين وصلت إليك هذه الدرة فقال مررت يوما من الأيام بساحل البحر من أرض الصين فرأيت ثعلبا ميتا وعلى فمه صدفة فى جوفها بياض يلمع ووجدتُ هذه الخرزة إلى جانبه فأخذتُها ومضيت والذى يظهر لى من هذه الواقعة أن الصدف البحر الذى فيه اللؤلؤ يخرج من الـماء لينتشق الهواء كما هي عادة الصدف. فلما مر ذلك الثعلب بساحل البحر رأى لحمة حمراء فى جوف الصدفة, وهى فاتحة فاها .فوثب عليها الثعلب ليقتلها فأدخل فاه فى الصدفة  فانطبقت عليه ومن شأنها إذا انطبقت على شيئ لاتنفتح أبدا حتى تنشق بالحديد. فلما انطبقت على فم الثعلب أخذها فصار يضربها فى الأرض يمينا وشمالا إلى أن مات فخرجتْ هذه الدرة من جوف الصدفة فمر بها ذلك الأعرابي فأخذها ولم يعلم قيمتها فكانت من رزق ذلك العطار فباعها بألف دينار وكانت قدر بيضة الـحمامة

Ada sebuah kisah menarik mengenai mutiara ini. (Dikatakan) bahwa seorang Badui datang ke Basra dengan membawa mutiara yang berharga, lalu dia membawanya ke Attar di sana dan memintanya untuk membelinya darinya, maka dia membelinya darinya dengan harga terendah. Kemudian si pembuat wewangian bertanya kepada orang Badui itu darimana kamu mendapatkan mutiara ini, dan dia berkata, “Suatu hari aku melewati pantai laut di tanah Tiongkok, dan aku melihat seekor rubah mati dengan cangkang di mulutnya, dengan bagian dalam berwarna putih bersinar. "Saya menemukan manik-manik ini di sebelahnya, jadi saya mengambilnya dan melanjutkan perjalanan. Apa yang tampak bagi saya dari kejadian ini adalah bahwa cangkang adalah lautan di mana mutiara berada." Ia muncul dari air untuk menghirup udara, seperti adalah kebiasaan kerang. Ketika rubah itu melewati pantai, dia melihat daging merah di dalam cangkangnya, dan ia sedang membuka mulutnya. Maka rubah itu melompat ke atasnya untuk membunuhnya, lalu ia memasukkan mulutnya ke dalam cangkang, dan ia menutupnya. , dan jika suatu benda tertutup, maka ia tidak akan pernah terbuka sampai ia dibelah dengan besi. Ketika ia menempel pada mulut rubah, ia mengambilnya dan mulai memukulkannya ke tanah kanan dan kiri hingga ia mati. Kemudian mutiara ini keluar dari cangkangnya. Kemudian orang Badui itu melewatinya dan mengambilnya tanpa mengetahui nilainya. Itu Berasal dari rezeki tukang jamu itu, maka ia menjualnya dengan harga seribu dinar, dan ukurannya sebesar telur burung merpati.

(وقال) إبن عباس رضي الله عنهما إن الـماء الـمطر من بحر بين السماء والأرض وهو كثير الـمياء وفيه السمك والضفادع وقد نزل فى بعض السنين فى أماكن من الأرض مع الـمطر ضفادع وسمك صغار.  ومصدق ذلك ما حكي : أن مُلكا من الـملوك أطلق بازايا له فى الفضاء خلف طائر فصعد البازي إلى أعلى الجوفغات عن الأعيان  ثم رحع وفى رجله سمكة. فلما رآها الـملك أراد أن يأكلها فأحضر الحكماء واستشارهم فى أكل تلك السمكة فاشاروا عليه فى أكلها فقام من بين الحاضرين شاب صغير وكان له إشتغال بالعلم فى وسط الـمجلس وقال : ايها الـملك إن لحم هذه السمكة مسموم ولايجوز أكله. فقال له الـملك ومن اين ذلك هذا العلم ؟ قال : إن الله تعالى خلق بحرا بين السماء والأرض. وقد ورد فيه من الأخبار بأن به أسماكا مسمومة  وأنت لـما أطلقت البزة خلف الطائر وفاته احتطف هذه السمكة من ذلك البحر وإن هذه البحر لايصل إليه إلا البازيات الشهب. فإن أراد الـملك صدف قولى فليحضر شخصا وجب عليه القتل وليطعهما له فينظر صدق قولى. فأتى الـملك بشخص وجب عليه القتل فأطعمها له. فلـما أكل اضطرب ومات فى الحال. فلما رأى الـملك أنعم على الشاب بألف دينار وصار الـملك لايتصرف فى شيئ من الأمور إلا برأي ذلك الشاب.

(Dan dia berkata) Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu kepada mereka berdua, bahwa air itu turun dari laut antara langit dan bumi, dan airnya melimpah, di dalamnya ada ikan dan katak. Dan hal ini ditegaskan oleh apa yang disabdakan: bahwa seorang raja di atas segala raja meluncurkan elangnya ke angkasa di belakang seekor burung, maka elang itu naik ke atas lubang dari matanya, lalu dia pergi dengan seekor ikan di kakinya. Ketika raja melihatnya, ia ingin memakannya, maka ia membawa orang-orang bijak itu dan berunding dengan mereka tentang memakan ikan itu, maka mereka menasihatinya untuk memakannya, maka dari antara para hadirin berdirilah seorang pemuda dan ia sibuk dengan ilmu pengetahuan. di tengah-tengah dewan dan berkata: Wahai Baginda, daging ikan ini beracun dan tidak boleh dimakan. Raja berkata kepadanya: Dari mana datangnya ilmu ini? Beliau bersabda: Tuhan Yang Maha Esa menciptakan lautan antara langit dan bumi. Dan disebutkan dalam berita bahwa di dalamnya ada ikan beracun, dan ketika Anda melepaskan pakaian di belakang burung dan kematiannya, ikan ini dipetik dari laut itu, dan laut ini tidak dapat dijangkau kecuali oleh elang meteor. Jika raja ingin menentang perkataanku, biarlah dia membawa seseorang yang harus dibunuh dan biarkan mereka menaatinya dan lihat apakah perkataanku benar. Maka raja membawa seseorang yang akan dibunuh, lalu ia memberikan orang tersebut kepadanya. Saat dia makan, dia diganggu dan langsung mati. Ketika dia melihat raja, dia memberkati pemuda itu dengan seribu dinar, dan raja tidak melakukan apa pun kecuali pendapat pemuda itu. Argumen ini  dibenarkan atau dikuatkan oleh sebuah cerita bahwa : ada seorang raja sedang meluncurkan anak panahnya ke angkasa mengejar burung. Burung itu terus naik ke atas ke angkasa hingga tidak tampak oleh mata. kemudian burung itu kembali turun dan di kakinya ada seekor ikan. Ketika sang raja itu melihat adanya ikan dicengkeraman burung itu ia ingin memakannya, namun  ulama' penasehat spiritualnya melarang beliau untuk memakannya. 

Diantara para prajurit yang ada, disitu ada seorang pemuda yang kesehariannya bergelut di dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan berkata "Wahai tua raja, sesungguhnya daging ikan ini beracun dan tidak baik untuk dikonsumsi." raja itu berkata "Dari mana kamu tahu tentang hal ini?"

Pemuda itu menjawab "Sesungguhnya Allah menciptakan laut diantara langit dan bumi. Adapun pengetahuan ini kami ketahui dari kabar berita yang telah tersebar secara luas. Dan sesungguhnya ikan-ikan yang ada di samudera angkasa semuanya beracun. Ketahuilah, bahwa ketika paduka melepaskan anak panah di belakang burung buruan tadi, dan burung itu menyambar ikan yang ada di samudera yang ada di angkasa dalam keadaan mati. Dan hanya burung jenis ini saja yang dapat mencapai samudera yang ada si angkasa tersebut. Jika tuan raja butuh bukti terhadap argumen saya, maka hadirkanlah seorang narapidana yang wajib dibunuh."

Maka demi untuk membuktikan omongan bocah ini, sang raja pun menghadirkan narapidana untuk dijadikan bahan bukti. Dan benar, ketika narapidana itu memakan daging ikan langit, seketika narapidana itu mati. Ketika sang raja melihat bukti itu, beliau membenarkan semua argumennya serta  memberi hadiah sebanyak 1000 dinar kepadanya, dan setiap ada perkara maka sang raja itu selalu meminta pendapat dari pemuda itu sebelum bertindak atau memutuskan suatu perkara.

<<001 SEBELUMNYA - SELANJUTNYA 002>>

0 Response to "KAJIAN KITAB BADA’IUZ ZUHUR BAGIAN 002 : TERJADINYA 'ARASY"

Post a Comment