KAJIAN KITAB BADA’IUZ ZUHUR BAGIAN PERTAMA (001)

TERJEMAH KITAB BADA’IUZ ZUHUR

(MUKADDIMAH)

Kitab Bada’iuz Zuhur karya Syekh Muhammad bin Ahmad bin Iyas al-Hanafi ra, yang menceritakan kisah-kisah sepanjang masa, yang dimulai dari kisah terjadinya awal penciptaan hingga hari kiamat. Di dalam kitab ini juga diceritakan kisah-kisah para nabi, dari nabi Adam hingga nabi Isa, as. Bahkan terdapat juga kisah para nabi yang bukan rasul dan nabi-nabinya bani israil. Admin memohon maaf dan koreksinya jika ada salah dalam penulisan, dan penafsiran atau terjemah dalam artikel ini. semoga membawa berkah bagi kita semua. amin.

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله القديم الأول. الأزلي الذى لايتحول. ولاتغيره الدهور والأعصار. ولاينفيه حدثان الليل والنهار. هو الذى أنشأ الوجود من العدم. وقدر ماكان قبل أن يكون فى اللوح والقلم. وخلق آدم وجعل مِن نسله العرب والعجم. واصطفى منهم نبينا محمدا وكمل به ديوان الأنبيآء وختم.  ونسخ بشريعته جميع الشرائع. وأوجب طاعته على الخلائق مَن عاص وطائع. وجعل دول الإسلام مؤيدة بالخلفاء الراشدين. فهم ظل الله تعالى فى أرضه لكل طائع انتظم فى سلك الـمهتدين. (أحمده) حمدا يقتضى الـمزيد من النعم. وأشهد أن لا إله إلا الله  ولا نعبد إلا إياه ذو الفضل والكرم. وصلى الله على سيدنا محمد عبده ورسوله الذى كان نبيا وآدم بين الـماء والطين. وعلى آله وأصحابه الطيبين الطاهرين. وسلم تسليما إلى يوم الدين.


Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah, Dzat Yang Maha Terdahulu lagi Maha Awal. Dzat Yang Azali yang tidak akan pernah tergantikan. Dan yang tidak akan pernah berubah sepanjang masa. Yang tidak terpengaruh oleh pergantian siang dan malam.

Dia-lah Dzat yang mengadakan perwujudan dari ketiadaan dan menetapkan segala sesuatu sebelum perwujudan itu terwujud di lauh al-mahfudz dan qalam (pena). Dzat yang menciptakan nabi Adam as, dan menjadikan bangsa Arab dan ‘ajam (selain Arab) sebagai keturunannya. Dan memilih nabi kita (Nabi Muhammad ) dan menyempurnakannya dalam dewan kenabian dan penutup para nabi dari golongan mereka. Dimana syari’atnya berlaku bagi semua syari’at serta mewajibkan bagi setiap makhluk untuk mentaatinya, bai dari golongan ahli maksiat maupun ahli taat.

Dan Allah menjadikan nabi Muhammad Daulah Islamiyah (pemerintahan islam) yang dikuatkan oleh khulafaur rasyidin (para pemimpin yang mendapat petunjuk). Meraka adalah bayangan Tuhan di bumi bagi ahli taat dengan memberlakukan peraturan di jalan orang-orang yang mendapat petunjuk.

     Aku persembahkan sanjungan dengan pujian dengan harapan bertambahnya nikmat. Dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan tidak akan menyembah selain-Nya Dzat pemilik keagungan dan kemuliaan. Semoga kesejahteraan selalu terlimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebagai hamba sekaligus utusan-Nya dimana Nabi Adam masih berada diantara tanah dan air. Beserta keluarga dan sahabatnya yang bersih dan suci dengan kesejahteraan yang sebenarnya hingga hari kiamat.

﴿وبعد﴾ فقد ألفتُ هذا التريخ والسير. فاخترت أحسن الأخيار من نفائس الدرر. ليكون نزهة لذو العقول فللمستخبر أن يسمع وللـمؤلف أن يقول, فإن فيه من الفوائد الغرائب. ومن الـمنقول العجائب. وقد أوردتُ فى هذا الكتاب من الوقائع الحميدة. واختصرتُ من الأشيآء الـمسائل الـمفيدة. وابتدأتُ فيه بذكر السموات والأرضين وما كان قبل وجود الوجود. وإظهار العالم الـموجود مِن مبدإ خلق آدم عليه السلام.

وسميتُه ﴿بدائع الزهور فى وقائع الدهور﴾ والـمستعان الله تعالى فى الـمبدإ والختام. ومن هنا نشرع فى كلام (قال) أبو زيد الـبلخى مجارج العلوم أربعة علم رافع وعلم ساطع وعلم نافع وعلم واضع. فأما الرافع فهو العلم الشريف من الأحاديث والفقه. وأما العلم الساطع فهو علم الأدبيات والأخبار الرقيقة. وأما العلم النافع فهو علم الطب ومعرفة الحساب. وأما العلم الواضع فهو علم الكَهَنة مِن السحر  وما أشبهه فأخبره ما ينتفع به دنيا وأخرى كما قيل :

Wa ba’du (setelah bacaan basmalah, hamdalah dan shalawat) saya menyusun (kitab ini yang membahas tentang) sejarah dan perjalanannya, saya memilih cerita terbaik dari untaian mutiara sejarah yang terindah sebagai hiburan bagi orang-orang yang berakal agar dia tahu dan mendengar sendiri dan penulis harus mengatakan, dan penulis berkata : sesunggunnya didalam kitab ini terdapat beberapa faedah yang asing dan nukilan yang ajaib.

Saya berharap dari kitab ini akan terwujud kejadian-kejadian yang indah, dan saya meringkasnya dari segala sesuatu kejadian-kejadian yang bermanfaat. Dan saya mmeulainya dengan menjelaskan tentang langit dan bumi serta apa yang ada sebelum wujudnya perwujudan diantaranya dari terciptanya nabi Adam as, dari para nabi dan orang-orang mulia dari keturunannya hingga kisah nabi Muhammad semoga sebaik-baik kesejahteraan dan keselamatan selalu terlimpahkan kepada beliau  ﷺ. Dan saya memberi nama kitab ini dengan sebutan BADA’IUZ ZUHUR FII WAQOI’ID DUHUR

  Saya selalu berharap atas pertolongan Allah dari awal hingga akhir. Berikut ini adalah ucapan dari muallif /pengarang kitab yakni Syekh Muhammad bin Ahmad bin Iyas al-Hanafi ra,   

ما حوى العلم جميعا أحد ۝ لا ولو مارسه ألف سنة

إنما العلم كبحر زاحر  ۝ فاتخذ من كل شيئ أحسنه

Tidak ada seorangpun yang dapat memuat semua pengetahuan. Bahkan jika dia mempraktikkannya (mempelajarinya) selama ribuan tahun.

Ilmu pengetahuan itu seperti lautan yang menderu. Jadi, ambillah yang terbaik dari segalanya

-﴿ذكر ما كان فى بدء الـمخلوقات﴾-

(روي) الإمام أحمد فى مسنده عن عامر  العقيلى رضي الله عنه أنه قال قلتُ رسولَ الله أين كان ربنا قبل أن يخلق السموات والأرض. قال كان فى غمام فوقه هواء وتحته هواء ثم خلق عرشه على الـماء

Imam Ahmad dalam sanadnya yang disadur dari ‘Amir al-“aqily ra, berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah dimana Robb kami sebelum diciptakannya langit dan bumi? Kanjeng Nabi menjelaskan secara logika dasar agar tidak membingungkan bahwa Robb kita diantara awan lalu menciptakan ‘Arasy di atas air. (Wallahu A’lamu bishowab.)

قال بعض العلماء : الغمام هو السحاب, واختلف العلماء فيما خلقه الله قبل العرش. (روي)  الترمذى عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه قال, قال رسول الله أن أول شيئ خلقه الله تعالى القلم من نور وقيل من لؤلؤ بيضاء طوله ما بين السماء والأرض ثم خلق اللوح بعده وهو من درة بيضاء صفائحها من الياقوت الأحمر وطوله ما بين السماء والأرض وعرضه من الـمشرق إلى الـمغرب.   

Sebagian ulama berkata: Awan dari keterangan diatas tetaplah awan seperti pada umumnya, dan para ulama berbeda pendapat mengenai apa yang diciptakan Allah di hadapan Arsy. (Diceritakan) Al-Tirmidzi dari Ubadah bin Al-Shamit radhiyallahu 'anhu yang berkata: Rasulullah bersabda bahwa benda yang pertama kali diciptakan Allah adalah pena / Qalam yang terbuat dari cahaya, ada yang berpendapat bahwa Qalam ini  dibuat dari mutiara putih yang panjangnya antara langit dan bumi. Kemudian Allah menciptakan Loh sesudahnya, yang terbuat dari mutiara putih yang pelat-pelatnya terbuat dari batu rubi merah dan panjangnya antara langit dan bumi. , dan lebarnya dari timur ke barat.

(وعن) أنس بن مالك رضي الله عنه قال, قال رسول الله إن لله لوحا أحد وجهيه من ياقوتة حمراء والوجه الآخر من زمردة خضراء وأقلامه من نور. قال ابن عباس رضي الله عنهما  خلق الله تعالى القلم قبل أن يخلق الخلق وهو على العرش ثم نظر  اليه الهيبة فانشق وقطر الـمدد. وقال ابن عباس ان القلم مشقوق ينبع منه الـمدد الى يوم القيامة. ثم قال الله تعالى للقلم أُكْتبْ فقال القلم يارب وما أكتب؟ قال أكتب علمى فى خلقى بما هو كائن الى يوم القيامة.

(وأخرج) سعيد بن منصور إن أول ما كتب القلم أنا التواب أتوب على من ناب (وأخرج) ابن أبى حاتم إن أول ما كتب القلم إن رحمتى سبقت غضبى والأقوال فى ذلك كثيرة والأصح ما قاله ابن عباس رضي الله عنهما أن القلم جرى فى تلك الساعة بما هو كائن إلى يوم القيامة وما قدر من خير وشر وسعادة وشقاوة وهو قوله تعالى (وَكُلَّ شَيْئٍ أَصْحَيْنَاهُ فِى إِمَامٍ مُبِينٍ) أي فى اللوح الـمحفوظ.

(Dari) Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu yang berkata: Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai sebuah loh yang salah satu sisinya adalah terbuat dari batu delima merah, dan sisi lainnya dari zamrud hijau, dan pena-Nya bercahaya.” Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu kepada mereka berdua, berkata: Allah SWT menciptakan pena sebelum Dia menciptakan ciptaan ketika Dia berada di singgasana, kemudian Dia memandangnya dengan rasa kagum, lalu terbelah dan menetes. Ibnu Abbas mengatakan bahwa pena itu terbelah, dari situlah perbekalan mengalir hingga hari kiamat. Kemudian Tuhan Yang Maha Kuasa berkata kepada pena itu, “Tulislah,” dan pena itu berkata, “Ya Tuhan, apa yang harus aku tulis?” Beliau bersabda: Tulislah ilmuku tentang apa yang akan terjadi sampai hari kiamat.

(Diriwayatkan oleh) Sa'ed bin Manshur, "Hal pertama yang ditulis pena adalah, 'AKU menerima taubat bagi hambaKU  yang bertaubat." Ibnu Abi Hatim meriwayatkan, "Hal pertama yang ditulis pena menulis adalah, 'Rahmatku mendahului kemurkaanku.' Ada banyak ucapan tentang itu, dan yang paling benar adalah apa yang dikatakan Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu kepada mereka berdua, bahwa pena itu berlari pada saat itu. " Dengan apa yang akan terjadi sampai hari kiamat, dan apa yang ditetapkan tentang kebaikan dan keburukan, kebahagiaan dan kesengsaraan, itulah firman Yang Maha Kuasa (Dan segala sesuatu telah Kami tetapkan dalam petunjuk yang jelas), maksudnya dalam Loh yang Diawetkan.

 <<001 SEBELUMNYA - SELANJUTNYA 002>>

0 Response to "KAJIAN KITAB BADA’IUZ ZUHUR BAGIAN PERTAMA (001)"

Post a Comment