GERAKAN-GERAKAN YANG BERTENTANGAN DENGAN PAHAM AHLUSSUNAH WAL JAMAAH

GERAKAN-GERAKAN YANG BERTENTANGAN DENGAN PAHAM AHLUSSUNAH WAL JAMAAH

Materi Aswaja MTs. Kelas 8

Disamping paham-paham yang sudah kita kenal tentang ajaran-ajaran yang bertentangan dengan Ahlussunah Wal Jamaah seperti Muktazilah, Syi’ah, Khawarij, Murji’ah, Jabariyah, Qodariyah dan lain-lain, terdapat paham-paham yang berkembang dimasyarakat saat ini yang aqidah dan ajaran-ajarannya sangat bertentangan dengan Ahlussunnah Wal Jamaah / agama Islam antara lain :


1.      Paham Wahabi Didirikan Muhammad bin Abdul Wahab dari keluarga klan Tamim yang menganut mazhab Hanbali. Ia lahir di desa Huraimilah, Najd, yang kini bagian dari Saudi Arabia, tahun 1111 H [1700 M] masehi, dan meninggal di Dar'iyyah pada tahun 1206 H [1792 M.]


2.      Paham bahaiyah. Al-Babiyah dan al-Bahaiyah adalah sebuah gerakan yang lahir dari aliran Syi’ah pada tahun 1260 H -1844 M dibawah pengayoman penjajah Rusia, Yahudi internasional dan penjajah Inggris dengan tujuan merusak akidah Islam dan memecah belah barisan kaum muslimin. 

3.            Paham Ahmadiyah. Pendiri paham ini adalam Mirza Ghulam Ahmad, lahir di Qidiyan Punjab Pakistan pada tahun 1836 M. Mirza Ghulam Ahmad mengaku dirinya sebagai nabi setelah Nabi Muhammad saw, dan mengaku nabi yang paling akhir. Paham Ahmadiyah ini masuk ke Indonesia setelah perang dunia ke-I dan muncul pertama kali di daerah Jakarta, Medan, padang selanjutnya berkembang di daerah lain di Indonesia.

4.   Paham Najariyah. Pendiri paham ini adalah Abu Abdillah Husain Bin Muhammad An-Najar, hidup pada masa khalifah Al-Mukmin sekitar tahun 198 H. Pada awalnya ia seorang Mu’tazilah yang kemudian menganut paham Jabariyah, dan pernah pula menganut paham Ahlussunnah Wal Jamaah dan akhirnya membuat paham/madzab sendiri yaitu paham Najariyah.

0 Response to "GERAKAN-GERAKAN YANG BERTENTANGAN DENGAN PAHAM AHLUSSUNAH WAL JAMAAH"

Post a Comment