BACAAN SHOLAWAT VERSI PENDEK


KUMPULAN BACAAN SHOLAWAT PENDEK YANG MASYHUR

Kumpulanbacaan shoalwat nabi yang masyur dikalangan para santri dan pecinta nabi. Dan tentunya masih banyak sekali macam-macam bacaan sholawat nabi yang singkat-singkat yang tidak mungkin dapat kami sebut satu persatu dan saking banyaknya versi sholawat pendek dari masa ke masa, bahkan kita pun boleh mengarang sholawat sendiri, seperti layaknya sholawat-sholawat versi lagu atau syair. dan di halaman ini karena singkatnya bacaan sholawat tersebut sering dijadikan wirid abadi bagi para pecinta sholawat. Diantarnya sebagai berikut :

1.        SHOLAWAT ULFIYAH : Untuk penaklukan dan terkabulnya hajat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَآءِ الرَّحْمَةِ وَمِــيْمَيِ الْـمُلْكِ وَدَالِ الدَّوَامِ السَّيِّـدِ الْكَامِلِ الْفَاتِـحِ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِكَ كَائِنٌ أَوْ قَدْ كَانَ كُـلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَكُـلَّمَا غَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَ الْغَافِلُوْنَ, صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِكَ بَاقِــيَةَ بِفَضْلِكَ لَا مُنْــتَهٰى لَهَا دُوْنَ عِلْمِكَ إِنَّـكَ عَلَى كُـلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ 

Ya Allah. Limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami nabi Muhammad huruf Ha’-nya (Muhammad ) sebagai rahmat, dan kedua huruf Mim-nya sebagai kerajaan / kepemilikan / kemuliaan, dan huruf Dal-nya sebagai keabadian, (beliualah) tuan kami, (manusia) yang sempurna, sang penakluk, (limpahan sholawat) sebanyak ilmu-Mu yang nyata atau sebanyak orang-orang yang berdzikir kepada-mu dan sebanyak orang-orang yang lupa menyebut Nama-Mu, dengan bacaan sholawat yang abadi dengan ke-Abadian-Mu yang bersifat tetap dengan Anugerah-Mu yang tiada habisnya, karena Engkaulah Dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.    


2.        SHOLAWAT MUQORROBIN Sarana mendekatkan diri kepada Allah dan rasul-Nya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى مَلَأْتَ قَلْبَهُ مِنْ جَلَالِكَ وَعَيْنَهُ مِنْ جَمَالِكَ فَأَصْبَحَ فَرَحًا مَسْرُوْرًا مُؤَيَّــدًا مَنْصُوْرًا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا وَالْحَمْدُ للهِ عَلَى ذٰلِكَ.

Ya Allah. Limpahkanlah kesejahteraan kepada junjunagn kami nabi Muhammad yang telah Engkau penuhi hatinya dengan ke-Agungan-Mu, dan kedua matanya (Engkau isi) dengan kle-Indahan-Mu, maka beruntung sekali orang-orang yang dapat berjumpa denganya dan akan mendapatkan pertolongan darinya, (limpahkan sholawat serta keselamatan juga) kepada keluarga dan sahabatnya sebanyak-banyaknya keselamatan, dan segala puji bagi Allah atas semua itu.

3.        SHOLAWAT MUNJIYAT untuk bermunajat dan mengabulkan segala hajat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ وَتَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّــئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا أعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْـمَمَاتِ, يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Yaa Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungn kami Nbai Muhammad , dengan bacaan shalawat yang dapat menyelamatkan kami dari segala bencana dan musibah. Yang dapat mengabuklan hajat-hajat kami dan membersihkan kami dari segala kejelekan, yang dapat mengangkat derajat kami dengan setinggi-tingginya derajat/kedudukan. Dan dapat menyampaikan kami ke puncak tertingginya cita-cita kami dan dari segala jenis kebaikan, baik di kala hidup kami ataupun setelah kematian kami, Duhai Dzat yang Maha Penyayang diantara para penyayang.     

4.        SHOLAWAT ROHMAH solawat welas asih, agar dikasihi 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ السَّابِقِ لِلْخَلْقِ نُوْرُهُ وَرَحْمَةٌ لِلْعَالَـمِـيْنَ ظُهُوْرُهُ عَدَدَ مَنْ مَضٰى مِنْ خَلْقِكَ وَمَنْ بَقِيَ وَمَنْ سَعِدَ مِنْهُمْ وَمَنْ شَقِيَ, صَلَاةً تَسْتَغْرِقُ الْعَدَّ وَتُحِيْطُ بِالْحَدِّ, صَلَاةً لَا غَايَةَ لَهَا وَلَا مُنْتَهٰى وَلَا انْقِضاءَ, صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِكَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا مِثْلَ ذٰلِكَ. 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلأَنْوَارِ وَسِرِّ اْلأَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلأَغْيَارِ وَمِفْتَاحِ بَابِ الْيَسَرِ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ الْـمُخْتَارِ وَعَلَى آلِهِ اْلأَطْهَارِ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَإفْضَالِهِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّمْ عَدَدَ مَا عَلِمْتَ وَزِنَةَ مَا عَلِمْتَ وَمِلْءَ مَا عَلِمْتَ

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى سَائِرِ اْلأَنْبِيَآءِ وَالْـمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِمْ وَصَحْبِهِمْ أَجْمَعِيْنَ, وَأَنْ تَغْفِرَلىِ مَا مَضَى وَتَحْفَظْنِى فِيْمَا بَقِيَ.  

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kmai Nabi Muhammad , makhluk yang paling dulu dalam penciptaan nur-nya dan kemunculannya mewrupakan pembawa rahmat bagi seluruh alam, sebanyak makhluk yang Engkau ciptakan baik yang dahulu maupun yang akan datang, baik yang celaka maupun yang berjaya. Dengan bacaan shalawat yang dapat membawaku mengarungi samudera hikmah tanpa batas. Dengan bacaan shalawat yang tiada batas dan tiada tepi serta tiada habisnya. Dengan bacaans halawat yang abadi selama-lamanya esuai dengan ek-abadian-Mu beserta keluarga dan para sahabatnya dengan curahan keselamatan yang sebenarnya yang sedemikian juga.

Yaa Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada NUR (nabi Muhammad ) diatas cahaya, rahasia diatas rahasia, penangkal kecemburuan / penipuan, pembuka pintu kemudahan, yaitu junjungan kami dan tuan pengulu Nabi Muhammad , nabi yang terpilih dan juga jkepada keluarganya yang suci-suci dan para sahabatnya yang terpilih, sebanyak bilangan nikmat dan Anugerah Allah kepada mereka.

Yaa Allah hamba memohon kepada-Mu untuk melimpahkan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , dan seluruh para nabi dan utusan juga kepada seluruh keluarganay serta seluruh sahabat mereka, dan ampunilah dosa-dosa kami yang lalu dan jagalah kami selalu.

5.        SHOLAWAT NUR DZATI cahaya sejati, untuk penyembuhan segala macam penyakit

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النُّوْرِ الذَّاتِى وَالسِّرِّ السَّارِىْ فىِ سَائِرِ اْلأَسْمَآء وَالصِّفَاتِ, وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Yaa Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , sebagai dzatnya cahaya, sebagai rahasia yang berjalan di seluruh asma’ dan sifat, serta limpahkanlah keselamatan yang sebenarnya kepada beliau

6.        SHOLAWAT FATIH untuk terkabulnya hajat dan pembuka segala yang masih tertutup

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِـمَا أُغْلِقَ وَاْلخَاتِمِ لِـَما سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَاْلهَادِى إِلَى صِرَاطِكَ الْـمُسْتَقِـيْمِ وَصَلِّ اللّٰهُمَّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ. 

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , pembuka segala yang tertutup, Penutup segala yang dimulai, penolong kebenaran dengan kebenaran, penunjuk kepada jalan-Mu yang lurus. Yaa Allah Limpahkanlah kesejahteraan kepadanya juga kepada keluarga dan para sahabatnya sesuai dengan hak dan kedudukannya yang agung.

7.        SHOALWAT ULUL ‘AZMI kemuliaan dan derajat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وسلم وبارك عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَنُوْحٍ وَإِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَا بَــيْنَـهُمْ مِنَ النَّبِيِّـــيْنَ وَالْـمُرْسَلِــيْنَ, صَلَوَاتُ اللهِ عَلَيْـهِمْ أَجْمَعِــيْنَ  

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keberkahan kepada junjungan kami Nbai Muhammad , juga kepada Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi-Nabi dan para utusan yang ada diantara mereka dengan kesejahteraan dari Allah untuk mereka semuanya. 

8.        SHOALWAT SA’ADAH kemudahan dalam segala hajat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَمَا فِى عِلْمِ اللهِ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللهِ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , sebanyak bilangan apa-apa yang ada pada Ilmu-ilmu Allah dengan bacaan shalawat / kesejahteraan yang yang abadi didalam ke-Abada-an  kerajaan Allah. 

9.        SHOLAWAT ROUFURROHIM kemuliaan dan pangkat jabatan

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الرَّؤُوْفِ الرَّحِيْمِ ذِى اْلخُلُقِ الْعَظِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ فِى كُلِّ لَـمْحَةٍ عَدَدَ كُلِّ حَادِثٍ وَقَدِيْمٍ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muahammad , Nabi yang penuh dengan welas asih, pemilik akhlak yang agung, beserta keluarga dan para sahabatnya dalam setiap kedipan mata, sebanyak bilangan hal-hal yang baru maupun yang dulu / jadul.

10.     SHOLAWAT KAMALIYAH kesempurnaan

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ عَدَدَ كَمَالِ اللهِ وَكَمَا يَلِــيْقُ بِكَمَالِهِ

Yaa Allah, limpahkan kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , beserta keluarga dan para sahabatnya sebanyak bilangan kesempurnaan Allah yang patut dan sesuai dengan kesempurnaannya. 

11.     SHOLAWAT AL-ALI QODRI menggapai kedudukan yang tinggi

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِيْبِ الْعَالِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serat keberkahan kepada junjungan kmi Nabi Muhammad , seorang Nabi yang Ummy yang menjadi kekasih-nya Dzat yang Maha Tinggi, yang memiliki kedudukan dan pangkat yang tinggi beserta keluarga dan para sahabatnya dengan penuh keselamatan    

12.     SHOLAWAT AL-IN’AM berbagai macam kenikmatan

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ عَدَدَ إِنْعَامِ اللهِ وَإِفْضَالِهِ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muahammad , sebanyakbilangan nikmat-nikmat Allah dan Anugerah-Nya.

13.     SHOALWAT AHLIYAH menghormati ahlul bait

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ صَلَاةً أَنْتَ لَهَا أَهْلٌ وَهُوَ لَهَا أَهْلٌ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , beserta keluarganya, dengan bacaan sholawat-Mu kepadanya sebagai yang Nabi berhak menerimanya.

14.     SHOLAWAT AL-FAROJ / SHOLAWAT MUKHOTOB/SHOLAWAT REKES untuk berbagai macam hajat dan mengetahui sesuatu yang masih samar seta terhidar dari kejelekan

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدْ ضَاقَتْ حِيْلَتِى أَدْرِكْنِى يَارَسُوْلَ اللهِ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatam serta keberkahan nabi Muhammad , sungguh sudah habis dayaku, / sempit harapanku, maka dari itu temukanlah aku duhai utusan Allah. 

15.     SHOLAWAT TAFRIJAH / SHOLAWAT NARIYAH untuk segala macam hajat kecil maupun besar

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ اْلكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقٰى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ اْلكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَـمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Yaa Allah limpahkanlah kesejahteraan dengan bacaan shalawat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad , Nabi yang melepaskan segala sesuatu yang terikat. Nabi yang melepaskan segala kesempitan. Nabi ynag mengabulkan segala hajat dan kebutuhan. Dengan bacaan shalawat ini Sehingga kami dapat menemukan segala yang kami cita-citakan dan yang kami harapkan dan juga kebaikan di akhir hidup kami. Dengan bacaan shalawat yang dapat menurunkan hujan dari awan gemawan,. Dengan dzatnya yang agung beserta keluarga dan para sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan bilangan nafas serta sebanyak bilangan yang maklum bagi-Mu     

16.     SHOLAWAT ‘ADHIMIYAH keagungan dan kemuliaan serta kewibawaan

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ الَّذِىْ مَلَأَ أَرْكانَ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ, وَقَامَتْ بِهِ عَوَالِمُ اللهِ الْعَظِيْمِ, أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مَوْلَانَا مُحَمَّدٍ ذِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ, وَعَلَى نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ, وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ مِثْلَ ذٰلِكَ وَاجْمَعْ بَيْنِى وَبَيْنَهُ كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالْجَسَدِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا يَقَظَةً وَمَنَامًا وَاجْعَلْهُ يَاربِّ رُوْحًا لِذَاتِى مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ فىِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ يَاعَظِيْمُ.     

Yaa Allah, hamba memohon kepada-Mu dengan cahaya Dzat-Mu yang Maha Agung, yang memenuhi permukaan ‘Arasy Allah yang agung, yang menjadi tempat berdirinya alam Allah yang agung. Dengan bacaan shalawat ini limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , nabi yang memiliki kedudukan yang agung, dan juga kepada nabi Allah yang Agung. Limpahkanlah keselamatan kepada keluarganya yang sedemikian itu. Kumpulkanlah kami berada diantaranya seperti halnya Engkau mengumpulkan antara ruh dan jasad, yang nyata dan yang batin, yang terlihat dialam nyata maupun di alam mimpi. Jadikanlah dia duh Gusti sebagai ruh untuk pribadiku dari segala bentuk perwujudan di dunia dan akhirat, duhai Dzat Yang Agung.    

17.     SHOLAWAT NABI MUSA AS saat menghidupkan sapi betina dan membelah lautan dengan tongkatnya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتَمِ اْلأَنْبِيَآءِ وَمَعْدِنِ اْلأَسْرَارِ وَمَنْبَعِ اْلأَنْوَارِ وَجَمالِ اْلكَوْنَــيْنِ وَشَرَفِ الدَّارَيْنِ وَسَيِّدِ الثَّــقَلَــيْنِ وَالْـمُخَصَّصِ بِقَابِ قَوْسَيْنِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ بِكُلِّ حَرْفٍ جَرٰى بِهِ الْقَلَمُ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , sebagai Nabi penutup para nabi, yang menjadi ladangnya rahasia, yang menjadi sumbernya cahaya dan keindahan di dua alam, yang mulia di dunia dan akhirat, tuan pengulu di dua kubu (Anshor dan muhajirin) yang dikhususkan seperti sejarak dua ujung busur panah atau lebih dekat lagi. Yaa Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dengan keselamatan yang sesungguhnya sebanyak bilangan huruf yang tergores dari pena.

18.     SHOLAWAT IMAM ALI KARROMALLOHU WAJHAH

صَلَوَاتُ اللهِ وَمَلَائِــكَــتِهِ وَأَنْبِيَآئِهِ وَجَمِيْعِ خَلْقِهِ وَعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَيْهِ وَعَلَيْـهِمُ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُهُ.

Bacaan Sholawat Allah dan para malaikat-Nya serta para nabin-Nya juga dari seluruh makhluk-Nya semoga terlimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad ,  beserta keluarganya dengan ucapa assalamu ‘alaikum wrohmatullohi wabarokatuh. Semoga kesejahteraan dan keselamatan serat keberkahan Allah tercurahkan kepadnya.

19.     SHOLAWAT SAYIDAH FATIMAH RA

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ رُوْحُهُ مِحْرَابُ اْلأَرْوَاحِ وَالْـمَلَائِكَةِ وَالْكَوْنِ, اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ هُوَ إِمَامُ اْلأَنْبِيَآءِ وَالْـمُرْسَلِــيْنَ, اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ هُوَ إِمَامُ أَهْلِ الْجَنَّةِ عِبَادِ اللهِ الْـمُؤْمِنِــيْنَ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi yang ruh-nya yag menjadi pusatnya para ruh dan malaikat serat ruhnya selurh keberadaan yang ada. Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi yang menjadi imam bagi para nabi dan utusan. Yaa Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi yang dia adalah pemimpin bagi penghuni surga dari hamba Allah yang mukmin. 

20.     SHOLAWAT ABLDULLAH BIN ABBAS RA

اَللّٰهُمَّ يَادَائِمَ الْفَضْلِ عَلَى الْبَرِيَّةِ يَابَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ, يَاصَاحِبَ الْـمَوَاهِبِ السَّنِيَّةِ, صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْبَرِيَّةِ,  وَاغْفِرْلَنَا يَاذَاالْعُلَا فِى هَذِهِ الْعَشِيَّةِ

Duhai Allah yang Dzat Anugerahnya Abadi kepada padanag belantara. Yang kedua tangan-Nya sellau terbuka untuk memberikan anugerah. Pemilik Anugerah yang Indah. Limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , sebagi nabi terbaik dialam yang terebentang ini. Dan ampunilah kami duhai Dzat yang Maha Tinggi di kehidupan ini. 

21.     SHOLAWAT ABDULLAH BIN MAS’UD RA

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ صَلَوَاتِكَ وَرَحْمَتِكَ وَبَرَكَاتِكَ عَلَى سَيِّدِ الْـمُرْسَلِــيْنَ وَإِمَامِ الْـمُتَّقِــيْنَ وَخَاتَمِ النَّبِيِّــيْنَ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ إِمَامِ الْخَيْرِ وَقَائِدِ الْخَيْرِ وَرَسُوْلِ الرَّحْمَةِ. اَللّٰهُمَّ ابْعَثْــهُ الْـمَقَامَ الْـمَحْمُوْدَ الَّذِى يَغْبِطُهُ بِه اْلأَوَّلُوْنَ وَاْلآخِرُوْنَ

Yaa Allah, jadikanlah shalawat-Mu dan rahmat-Mu serat Berkah-Mu kepada junjungan kami Nabi yang menjadi tuan pengulunya para utusan dan pemimpinnya orang-orang bertaqwa, penutup para Nabi, Hamba-Mu, Utusan-Mu, pemimpinnya kebaikan, penguat kebaikan, dan utusan yang membaha rahmat. Yaa Allah bangunlah maqom untuknya sebuah maqom / kedudkan yang terpuji yang menjadi pusat kesenangan bagi orang-orang terdahulu dan yang akan datang.  

22.     SHOLAWAT SAYYID AHMAD AR-RIFA’I RA

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَــكْــتُبُ بِـهَا السُّطُوْرُ وَتَشْرَحُ بِـهَا الصُّدُوْرُ وَتُـهَوِّنُ بِـهَا اْلأُمُوْرُ بِرَحْمَةٍ مِنْكَ يَاعَزِيْزُ يَاغَفُوْرُ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , dengan bacaan sholawat yang tertulis ditiap-tiap barisan, yang dapat meluaskan dada kami dan menyelesaikan segala urusan kami dengan rahmat dari-Mu duhai Dzat yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun, besreta keluarga dan para sahabatnya dengan limpahan keselamatan.   

23.     SHOALWAT SAYID AFIF AL-YAFI RA

يَاحَيُّ يَاقَيُوْمُ يَاذَا الْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَحْيٰى قَلْبِى وَأَمِتْ نَفْسِى حَتَّى أَحْيَا بِكَ حَيَاةً طَيِّبَةً فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ إنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرُ

Duhai Dzat yang Maha Hidup lagi maha Tegak, Duhai Dzat pemilik Keagungan dan Kemuliaan, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , beserta keluarganya, hidupkanlah hati kami dan matikanlah nafsu kami sehingga kami bisa hidup dengan-Mu dengan kehidupan yang baik du dunia dan di akhirat. Karena sesungguhnya Engkau Dzat yang maha Kuasa diatas segala-galanya.

24.     SHOLAWAT TAFRIJUL KURUB penghapus derita

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْحَبِيْبِ الْـمَحْبُوْبِ شَافِيِ الْعِلَلِ وَمُفَرِّجِ الْكُرُوْبِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad , yang menjadi kekasih yang di kasihi, yang menjadi pengobat bagi setiap penyakit, yang melenyapkan setiap kesempitan besret akeluarga dan para sahabatnya dengan limpahan keselamatan.

25.     SHOLAWAT SYIFA’ UNTUK KESEMBUHAN

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوَّةِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِـهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ فِى كُلِّ لَـمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَ مَا وَسِعَهُ عِلْمُ اللهِ الْعَظِيْمِ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebagai penawar hati dan obatnya, yang mneyehatkan badan beserta penyembuhnya, yang menjadi cahaya mata dan penerangnya, yang menjadi kuatnya arwah dan asupannya beserta keluarga dan para sahabatnya dengan limpahan keselamatan dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan apa-apa yang ada dalam kekuasaan Ilmu Allah yang Maha Agung.

26.      SHOLAWAT JALALU WAL IKROM kemuliaan dan martabat

اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْجَلَالِ وَاْلِإْكرَامِ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى إِمَامِ اْلأَنْبِيَآءِ سَيِّدِ رُسُلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَعَلَى جَمِيْعِ إِخْوَانِهِ مِنَ النَّبِيَّـــيْنَ وَالْـمُرْسَلِــيْنَ وَجَمِيْعِ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ أَهْلِ السَّمٰوٰاتِ وَاْلأَرْضِ وَعَلَيَّ مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ, يَااللهُ يَاذَا الْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ   

Yaa Allah Dzat yang Maha pemilik keagungan dan Kemuliaan. Limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serat keberkahan kepada pemimpinyya para Nabi dan tuannya para utusan yaitu junjungan kami Nabi Muhammad , beserta keluarganya dan seluruh saudaranya yakni para Nabi dan utusan dan seluruh hamba-Mu yang saleh-saleh baik yang ada di langit maupun di bumi. Dan anugerahkan kepadaku  untuk bisa bersama mereka dengan rahmat-Mu Duhai Dzxat yang Maha Pengasih diantara para pengasih, Duh Allah Dzat Yang Maha Pemilik Keagungan dan Kemuliaan. 

27.     SHOLAWAT ‘ADADUL A’DAD sholawat mutlak

 اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ عَدَدَ اْلأَعْدَادِ كُـلِّهَا مِنْ حَيْثُ انْتِـــهَاؤُهَا فِى عِلْمِكَ, مِنْ حَيْثُ لَا أَعْدَادَ, مِنْ حَيْثُ إِحَاطَتِكَ بِما تَعْلَمُ لِنَفْسِكَ مِنْ غَيْرِ انْــتِـــهَاءِ, إِنَّــكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Yaa Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepda junjungan kami Nabi Muhammad . Beserta keluarganya sebanyak bilangan keseluruhan yang ada dari permulaan hingga akhiran ilmu-Mu yang tidak dapat kami hitung satu persatu yang ada dalam liputan-Mu yang ada dalam Pengawasan-Mu tanpa batasan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa diatas segala-galanya.

Tentunya masih banyak lagi bacaan-bacaan sholawat yang tak terhitung jumlahnya/ terimakasih atas masukan dari rekan-rekan semua. salam sejahtera untukmu. 

0 Response to "BACAAN SHOLAWAT VERSI PENDEK"

Post a Comment