SYAIKH AHMAD BASYIR JEKULO KUDUS PENDIRI PONPES DARUL FALAH

SYAIKH AHMAD  BASYIR JEKULO KUDUS
Mutiara Bumi Jekulo Kudus

Profil Syaikh Ahmad Basyir Jekulo Kudus (1925 - 2014)

Syaikh Ahmad Basyir, Putra Kyai Muhammad Mubin dan Nyai Dasireh Pendiri Pndok Pesantren Darul Falah di jalan Sewonegoro No. 5-9 Kamuan Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Jawa Tengah dengan motto “Njiret Weteng, Nyengkal Mata“, yang berarti “Berani lapar dan Berani bangun tengah malam”.


Beliau lahir pada tanggal 31 bulan Desember tahun 1925. Beliau merupakan sosok ulama’ Kudus yang sangat santun perilaku dan budi bahasanya serta mempunyai pengaruh yang amat besar di tengah-tengah masyarakat.

Semasa kecil, beliau sangat mumpuni dalam semua mata pelajaran. Karena prestasinya yang sangat gemilang, seorang guru berinisiatif untuk menjadikan beliau sebagai anak asuh.

Latar belakang Pendidikan

Dalam mengenyam pendidikan, beliau mengawali jenjang pendidikan formalnya di Veer Folexs Schooll (VFS) yang sekarang beralih nama menjadi SD Negeri 1 Jekulo. Pendidikan non formal beliau berlanjut di Madrasah Diniyah (Tarbiyatussibyan) yang diasuh oleh K.H Dahlan. Sedangkan di luar aktivitas sekolah beliau berguru pada K.H Mansyur Kaelani, K.H Yasin, K. Hudlori dan K.H Zainuddin.

Beliau belajar berbagai kitab Kuning dari tingkatan paling rendah sampai paling tinggi. Ketekunan beliau terlihat saat ditanya soal apa saja yang sudah dipelajari saat nyantri. Beliau menjawab : “yo iki kabeh” sambil menunjuk almari besar yang penuh dengan kitab-kitab kuning miliknya.

Kecintaan beliau terhadap ilmu tidak berhenti di situ, pada tahun 1949 M. beliau kembali ke Jekulo untuk nyantri di Pondok Pesantren mBareng (Al-Qaumaniyah) yang diasuh oleh K.H. Yasin. Di masa remaja, kegemaran beliau adalah berziarah, yang tidak pernah terlupakan sampai beliau wafat. Sehingga di kesempatan manapun beliau selalu meluangkan waktu untuk berziarah ke makam para auliya’. Di antara makam-makam yang pernah beliau kunjungi adalah makam Sunan Kudus, Sunan Muria, Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen, Mbah Abdul Jalil, Mbah Abdul Qohar, Mbah Sewonegoro (Lindu Aji ayah mbah Ahmad Mutamakkin), Mbah Sanusi, Mbah Ahmad, Mbah Rifa’i, dan Mbah Suryokusumo (Mejobo). Semua itu dilakukan sebagai bentuk ke-ta’dziman-nya terhadap para Auliya’.

Semangatnya yang begitu berkobar dalam mencari ilmu, lantas tidak menjadikannya orang yang individualis. Terbukti dalam sejarah hidupnya beliau termasuk pemuda yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dalam organisasi Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII). Pada tahun 1944-1945 M juga tergabung dalam Badan Perjuangan Republik Indonesia (BPRI). Kesibukan itu ditambah dengan tugasnya sebagai lurah pondok yang seringnya disibukkan dengan kegiatan-kegiatan di pondok.

Syaikh Ahmad basyir berkeluarga.

Pada tanggal 20 Juli 1956 M/11 Rojab 1375 H, Beliau menikah dengan Nyai Hj. Sholihah Putri KH. Yasin yang merupakan gurunya sendiri. Dari pernikahannya itu, beliau dikaruniai 9 anak yaitu:
1.        Dra. Hj. Dewi Umniyah,
2.        Dra. Hj. Inaroh,
3.        Dra. Hj. Amti’ah,
4.        K.H. Ahmad Badawi,
5.        Hj. Arikhah, M.Ag,
6.        K.H M. Jazuli, S.Ag,
7.        Muhammad Asyik (alm),
8.        Nur Zakiyyah Mabruroh, S.Th.I,
9.        Muhammad Alamul Yaqin, S.H.I., M.H.

Keberhasilan beliau terbukti dengan keberhasilan putra putrinya. Itu merupakan bukti bahwa beliau mampu menjadi ayah yang bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya baik lahiriah maupun batiniah baik formal maupun non formal. Suatu kebahagian bagi beliau karena mendapatkan cucu dari putra-putrinya yang sekarang ini berjumlah 25, bahkan beliau juga sudah mempunyai 2 cicit.

Mbah Basyir, sebutan akrab beliau sebagai guru dan mu’jiz (pemberi ijazah) Dalailul Khairat. Santri beliau banyak berasal dari Kudus dan luar Kudus yang nyantri di Darul Falah.
KH. Ahmad Basyir wafat Selasa (18/03/2014) pada pukul 00.10 WIB. beliau wafat dalam usia 90 tahun, dan meninggalkan seorang istri, 9 anak, dan 23 cucu.

Contoh Teladan Bagi Umat Islam


KH. Ahmad Basyir adalah sosok teladan yang dapat kita contoh. Hal ini dilihat dari keseharian aktivitas beliau di masa muda. Seperti mentradisikan puasa Dlalail Khoirot. Yang itu telah beliau dapat pada tahun 1958. Selain itu dapat dilihat dari rutinitas beliau yang sangat ta’dhim dan tawadhu’ terhadap para gurunya. Beliau pun ramah terhadap masyarakat sekelilingnya dan beliau juga tidak membedakan antara orang yang punya dan tidak berpunnya. Hal tersebut terlihat dari cara beliau menerima tamu. Beliau senantiasa menyambutnya dengan seramah mungkin, sehingga tamu merasa senang dan merasa dihargai dengan suguhan canda beliau yang khas dan menyenangkan.

0 Response to "SYAIKH AHMAD BASYIR JEKULO KUDUS PENDIRI PONPES DARUL FALAH"

Post a Comment