BADAIUZ ZHUHUR BAGIAN 009 : BERKISAH TENTANG LAUTAN DAN SAMUDERA

 BADAIUZ ZHUHUR BAGIAN 009 : BERKISAH TENTANG LAUTAN DAN SAMUDERA

Pengajian kitab Bada’uz Zhuru bagian ke 9 yang membahas tentang kisah keberadaan samudera di dunia beserta rahasianya.

﴿ذكر أخبار الأنهار والبُحَيرة﴾

CERITA TENTANG SUNGAI DAN DANAU

    فأما البحيرات المشهورة فهى بحيرة السودان ببلاد المغرب وبحيرة الفيوم وبحيرة تسترة وهى بين الاسكندرية ورشيد وبحيرة  دُمياط وتنيس وبحيرة زُعر التى ماؤها مُنتن وخيم منها نهر الأردنز وهو نهر الشريعة وبحيرة طبرية المنسوبة الى بلد هناك وهى خراب على شاطئها الغربي وفيها حمام ماؤه حار بصنع الله تعالى.

Adapun danau-danau yang terkenal adalah Danau Sudan di Maroko, Danau Fayoum di Mesir, Danau Testra yang berada di antara Alexandria dan Rosetta, Danau Damietta dan Tunisia, Danau Zaar yang airnya berbau busuk, dan di antaranya adalah Sungai Yordan yang merupakan Sungai Jordan. Sungai Syari'ah, dan Danau Tiberias yang disumbangkan ke suatu negeri di sana, yang di tepi baratnya berupa reruntuhan, dan di dalamnya terdapat pemandian air panas, dengan karunia Allah

 (وقال) الثعلبى فى قصص الأنبياء ان هذا الحمام بناء سليمان بن داود عليمها السلام وكان من عجائب الدنيا حتى قيل  إن من حملة عجائب الدنيا ثلاثة منارة الإسكندرية وحمام طبرية  وجامع بنى أمية وكان ما هذا الحمام يخرج من اثنتى عشرة عينا ۞

Al-Tsa’labi mengatakan dalam Kisah Para Nabi bahwa pemandian ini dibangun oleh Nabi Suleiman bin Dawud AS, dan merupakan salah satu keajaiban dunia sampai-sampai konon termasuk di antara pembawa tiga keajaiban dunia. Adalah Mercusuar Alexandria, Pemandian Tiberias, dan Masjid Bani Umayyah. Dan danau ini muncul dari dua belas mata air.

فكان ماء كل عين منها مخصوصا بمرض من الأمراض فإذا اغتسل منه صاحب ذلك المرض عُوفى بإذن الله تعالى. وكان ماؤها شديد الحرارة صافى اللون ولم يزل هذا الحمام عامرا على ما ذكرناه حتى خربة يختنصر لما استولى على البلاد كما سيأتى. وبحيرة بانياس الكبيرة التى تخرج منها عُدة أنهار وبحيرة البقاع بالقرب من بعلبك ودمشق وبحيرة القدس الشريف وبحيرة حِمْصِ وانطاكية وبحيرة دَسْتٍ أرزن بالقرب من شيراز وبحيرة خوارزم وماؤها مالح وبحيرة أرجيس وهو شرقي أخلاط وماؤها مالح أيضا وهى بحيرة كبيرة دورها مسيرة أربعة أيام وهذه البحيرة يُصاد منها السمك المعروف الذى يوما فى بحيرة إرجيس فاصطدتُ منها سمكة فرأيتُ على جنبها الأيمن مكتوبا بابقا القدرة لااله الا الله وعلى جنبها الأيسر محمد رسول الله. فلما رأيتُ ذلك قذفتُها فى الماء إحترما لما رأيتُ عليها من الكتابة.

Air setiap mata air itu khusus untuk salah satu penyakit, maka jika orang yang menderita penyakit itu mandi di danau tersebut, maka ia akan lekas sembuh, dengan Izin Allah. Airnya sangat panas dan berwarna jernih, dan pemandian ini terus dihuni seperti yang kami sebutkan hingga Khirbet Yakhtansir, ketika ia mengambil alih negara, seperti yang akan disebutkan di bawah. Dan Danau Besar Banias, tempat munculnya beberapa sungai, Danau Al-Bekaa dekat Baalbek dan Damaskus, Danau Al-Quds Al-Sharif, Danau Homs dan Antiokhia, Danau Dast Arzan dekat Shiraz, Danau Khwarazm, yang airnya asin, dan Danau Arjis yang sebelah timur Ahlat, airnya juga asin, telaga besar yang belokannya empat hari perjalanan, dan telaga ini tempat pemancingan, nikmatnya suatu hari di telaga Ercis, saya menangkap ikan dari situ , dan aku melihat di sisi kanannya tertulis, “Tidak ada Tuhan selain Tuhan, tidak ada Tuhan selain Tuhan,” dan di sisi kirinya, Muhammad adalah Utusan Tuhan. Ketika saya melihatnya, saya melemparkannya ke dalam air untuk menghormati tulisan yang saya lihat di sana.

﴿ذكر أخبار الأنهار﴾

CERITA TENTANG SUNGAI

الـمشهور منها الدجلة ونهر سيحان ونهر جيحان والفرات والنيل. فأما الدجلة فيقال إن الذى حفرها وأجرها إليها الماء من الفرات هو دانيال عليم السلام. قال بعض الحكماء ان الشرب من ماء الدجلة يضعف شهوة الرجال ويزيد شهوة النساء ويقطع نسل الخيل حتى ان جماعة من العرب كانوا لايُسقون منها خيلهم. وأما جريانها فانها تجرى من بلاد أمدالى ديار بكر وهى أعين من بلاد خالد. ومقدار جريانها على وجه الأرض ثلثمائة فرسخ وقيل أكثر من ذلك۞

Yang terkenal antara lain Sungai Tigris, Sungai Sayhan, Sungai Jihan, Sungai Eufrat, dan Sungai Nil. Adapun sungai Tigris, konon yang menggalinya dan membawa air dari sungai Efrat adalah Nabi Daniel AS. Beberapa orang bijak mengatakan bahwa meminum air Tigris melemahkan nafsu laki-laki, meningkatkan nafsu perempuan, dan membunuh keturunan kuda, sampai-sampai sekelompok orang Arab tidak akan memberikan air minum kepada kudanya.

Adapun alirannya mengalir dari negeri Amdali Diyarbakir, dan mata airnya berasal dari negeri Khaled. Besarnya alirannya ke muka bumi adalah tiga ratus farsakh setara dengan 1.650.000 km, dan konon bahkan lebih dari itu.

ومن عجائب الدجلة المد والجزر وهو دائم فيها من الريح كل يوم صيفا وشتاء. وأما الفرات فمبدؤه من بلاد قاليقالا من ثغور أرض نحوأرمينية من جبال هناك تدعى أنودخس على نحو يوم من قاليقلا ومقدار جريانه على وجه الأرض خمسمائة فرسخ وقيل أكثر من ذلك ۞

Salah satu keajaiban Sungai Tigris adalah pasang surutnya angin yang konstan setiap hari di musim panas dan musim dingin. Adapun sungai Efrat, asal usulnya dari negeri Kalikla, dari perbatasan tanah Armenia, dari pegunungan di sana yang disebut Anodakhs, pada hari yang sama dengan Kalikla, dan jumlah alirannya di muka bumi adalah lima. ratus parasang, dan konon lebih dari itu.

وأما الآن فجريانه من شمال الإردان من بلاد الروم من جهة الشرق ولايزال يجرى على وجه الأرض حتى يخرج الى قضاء العراق ثن يُصِبُّ فى بطائح كبار فيجرى منها أنها كثيرة معروفة فى تلك الجهات, قال ابن الوزدة

Adapun saat ini mengalir dari utara Yordania dari negeri Romawi dari timur, dan terus mengalir di muka bumi hingga mencapai wilayah Irak, kemudian mengalir ke sungai-sungai besar yang darinya mengalir. Mereka banyak dan terkenal di wilayah tersebut, kata Ibnu al-Wazdah.

ان للشام فرانا ۝ لم تصل مصر اليها

كم بمصر من وجوه ۝ فضل النيل عليها

Syam memiliki Eufrat ۝ Mesir takkan pernah ada tanpanya

Entah berapa banyak penampakan di Mesir ۝ termasuk Nil dalah Anugerah terindahnya

وأما نهر سيحان جيحان فهما غير سيحون وجيحون . قال النووى فى شرح مسلم فى قوله سيحان وجيحان والفرات والنيل كلها من أنهار الجنة ۞ قال كعب الاحبار ان النيل هو نهر العسل فى الجنة والفرات هو نهر الخمر فى الجنة وسيحان هو نهر الماء فى الجنة وجيحان  هو نهر اللبن فى الجنة. وقيل ان عناصر هذه الانهار الاربعة تجرى من تحت سدرة المنتهى. وقيل من تحت صخرة بيت المقدس والله اعلم بذلك۞

Adapun sungai Sihan-Jihan bukanlah Sihon dan Gihon. Al-Nawawi mengatakan dalam Syarh Kitab Muslim menerangkan, bahwa Rasulullah bersabda : “Sihan-Jihan, sungai Efrat, dan sungai Nil semuanya adalah sungai surga”.

Ka'b al-Ahbar mengatakan bahwa sungai Nil adalah sungai madu yang ada di surga, Efrat adalah sungai anggur di surga, Sihan adalah sungai air di surga, dan Jihan adalah sungai susu di surga. Konon unsur keempat sungai ini mengalir dari bawah Sidra Al-Muntaha. Itu diucapkan dari bawah batu karang Yerusalem, dan Tuhan tahu yang terbaik.

﴿فائدة﴾ وهى أن الدابة إذا أصابها المغل يكتب على قوائمها الاربعة على كل قائمة اسم وهى سيحان وجيحان  والنيل والفر ات فإنها تبرأمن ساعتها سريعا. وقد جُرب ذلك وصح. وأما نهر مهران بأرض النهد فقيل انه فرقة من النيل وقد استدلوا على ذلك بأن فيه اليما سيح الضفادع.

(Sebuah Faedah) Yaitu apabila binatang itu diserang bangsa Mongol maka pada keempat kakinya tertulis nama, pada masing-masing kakinya tertulis nama: Sihan, Jihan, Sungai Nil, dan Sungai Eufrat, sehingga cepat pulih dari jamnya. Ini telah dicoba dan benar. Adapun Sungai Mehran di Negeri Al-Nahd konon merupakan bagian dari Sungai Nil, dan mereka mendasarkannya pada fakta bahwa di sana terdapat air yang di dalamnya terdapat banyak katak yang berkerumun.


0 Response to "BADAIUZ ZHUHUR BAGIAN 009 : BERKISAH TENTANG LAUTAN DAN SAMUDERA"

Post a Comment