ISTIGHFAR ROJAB

ISTIGHFAR ROJAB

Assalamu’alaium warohmatullohi wabarokatuh. Segala puji bagi Allah Dzat penguasa seluruh alam. Sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada baginda Nabi Agung Muhammad   beserta para sahabat dan keluarganya.

Kanjeng Rasul  bersabda dalam khutbahnya saat haji wada' "Sesungguhnya jumlah bulan ada dua belas dalam Kitab Allah (di Lauhul Mahfudz) pda hari penciptaan langit dan bumi. Empat diantaranya adalah bulan haram (bulan mulia) tiga diantaranya berturut-turut, yaitu DzulQo'dah, Dzulhijjah dan Muharam. sedangkkan satunya lagi terpisah yaitu bulan Rojab Mudirr yang didalamnya terdapat Jumadi Stani dan Sya'ban." 

menurut Ibnu Abbas Ra, Kanjeng RAsul ﷺ bersabda "Bulan Rojab adalah Bulan umatku". 

Anas bin Malik bercerita bahwa Rasulullah ﷺ bersabda "Sesungguhnya didalam surga ada sebuah sungai bernama Rojab, sungai itu lebih putih ketimbang susu, lebih manis ketimbang madu. barang siapa berpuasa satu hari pada bulan Rojab maka Allah akan memberinya minum dari air tersebut."

Masih dari cerita Sahabat Anas bin malik bahwa Rasulullah ﷺ bersabda "Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah istana yang hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa di bulan Rojab."

Bulan Rojab adalah bulan taubat, bulan Sya'ban adalah bulan mahabbah dan bulan ramadgan adalah bulan pendekatan.

Bulan Rojab merupakan bulan kemuliaan, bulan Sya'ban adalah pengabdian dan bulan ramadhan adalah bulan kenikmatan.

Bulan Rojab adalah bulan ibadah, bulan Sya'ban adalah bulan zuhud dan bulan Ramadhan adalah bulan penambahan.

Bulan Rojab adalah bulan dimana Allah melipatgandakan kebaikan, bulan Sya'ban adalah bulan penghapusan segala kejahatan dan bulan ramadhan adalah bulan penungguan kemuliaan.

Bulan rojab adalah bulan tanam, bulan Sya'ban adalah perawatan dan bulan ramadhan adalah bulan memanen. setiap orang akan memanen apa yang ditanamnya dan bakal diberi balasan atas perbuatannya.

Bulan Rojab adalah bulan untuk meninggalkan segala pelanggaran, bulan Sya'ban adalah bulan untuk berbuat ketaatan dan bulan ramadhan adalah bulan untuk menunggu kemuliaan. 

Barang siapa yang tidak meninggalkan pelanggaran, tidak brbuat taat, serta tidak menuju kemuliaan maka dia termasuk orang-orang yang merugi.

Pada kesempatan yang mulia ini, bertepatan dengan hadirnya bulan Rojab, kami suguhkan sebuah amalan yang amat sangat penting bagi kaum muslimin sedunia berupa do’a “Istighfar”. Amalan istighfar ini dikenal dengan sebutan Istighfar Rojab.

Rasulullah bersanda kepada Sayidina Ali bin Abi Thalib Karromallohu wajhah yang artinya “Barang siapa yang yang bersedia membaca atau menyimpan Istighfar Rojab ini di dalam rumahnya atau pada hartanya atau pada apa saja yang dibawanya, maka Allah akan memberikan pahala kepada orang tersebut sebanyak 80.000 (delapan puluh ribu) para nabi (Anbiya’), orang-orang yang jujur (shiddiqin), pejuang yang mati syahid (syuhada’), para malaikat, orang-orang yang beribadah haji dan umroh serta diberi pahala 80.000 masjid.”


“Dan barang siapa yang bersedia membaca amalan Istighfar Rojab ini seumur hidup empat kali, atau tiga kali atau dua kali saja, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.”

“Doa Istigfar Rojab ini jika dibaca baik di waktu siang maupun malam, pahalanya akan sama saja seperti yang termaktub diatas.”

Rasulullah bersabda yang artinya “siapa saja yang mau membaca istighfar Rojab seperti dibawah ini maka akan disediakan baginya 80 negara di surga. Tiap-tiap negara terdapat 80 istana, tiap-tiap istana terdapat 80 kamar, tiap-tiap kamar terdapat 80 ranjang, tiap-tiap ranjang terdapat 80 bantal, tiap-tiap bantal terdapat 80 bidadari.”

Semoga dengan lantaran istighfar Rojab ini Allah memberikan Ridlo dan rahmat-Nya bagi kita semua, sehingga kita kelak tergolong orang-orang yang shalih, dan dirangkul oleh kanjeng nabi Muhammad dan duduk bersama beliau. Amin. Ya Robbal ‘alamiin.

Inilah bentuk teks doa istighfar rojab

Mohon Maaf jika belum sempat mengartikannya. Dan semoga Allah meridloi segala yang kita usahakan. Amin.

 

( إستـغـفـار رجب ) 

بِــسْمِ اللّـــٰهِ الرَّحْــمٰـنِ الرَّحِـــيْمِ

أَسْـتَـغْـفِـرُ اللّــٰـهَ الْـعَـظِـيْمِ ×3 اَلَّــذِىْ لَاإلــٰـهَ إِلَّا هُوَ الْحَــيُّ الْــقَــيُّوْمُ وَأَتُــوْبُ إِلَــيْهِ مِنْ جَـمِيْعِ الْمَعَاصِى وَالذُّنُــوْبِ وَأَتُـوْبُ إِلَيْهِ مِنْ جَمِـيْعِ مَاكَــرِهَ اللّــٰهُ قَـوْلًا وَفِـعْلًا وَسَمْـعًا وَبَــصَرًا وَحَاصِرًا. اَللّــٰـهُمَّ اَسْتَـغْـفِـرُكَ لِمَا قَــدَّمْتُ وَمَا أَخَّـرْتُ وَمَا أَسْرَفْـتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْـلَـنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْـلَـمُ بِـهِ مِـنِّــى. أَنْتَ الْمُــقَـدِّمُ وَأَنْتَ الْمُـؤَخِّــرُ وَأَنْتَ عَـلـٰى كُلِّ شَـْئٍ قَـدِيْرٌ. اَللَّــٰـهُمَّ إِنِّــى أَسْتَـغْـفِـرُكَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ تُـبْتُ إِلَـيْكَ مِـنْهُ ثُـمَّ عُــدْتُ فِــيْهِ. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ بِمَا وَعَـدْتُكَ بِـهِ نَــفْسِى ثُــمَّ أَخْـلَــفْــتُكَ. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ بِمَا دَعَـالِى إِلَيْهِ الْـهَـوٰى مِنْ قَـبْلِ الرُّخَـصِ مِمَّا اشْـتَـبَهَ عَــلَيَّ وَهُوَ عِنْدَكَ مَحْـظُوْرُ. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ فِى النِّــعَمِ الَّـتِى أَنْـعَـمْتَ بِـهَا عَـلَــيَّ فَــصَرَّفْــتُــهَا وَتَــقَــوَّيْتُ بِـهَا عَلَى الْمَعَاصِى. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ مِنَ الــذُّنُـوْبِ الَّــتِى لَايَــغْــفِرُهَا غَـيْــرُكَ وَلَايَــطَّـلِـعُ عَـلَـيْـهَا أَحَـدٌ سِوَاكَ وَلاَيَــسَعُــهَا إِلَّا رَحْمَـتُكَ وَحِـلْمُكَ وَلَايُــنْـجِى مِـنـْهـَا إِلَّا عَـفْـوُكَ. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ مِنْ كُلِّ يَـمِـيْنٍ حَلَـفْتُ بِـهَا فَحَــنَــثْتُ فِـيْـهَا وَأَنــَا عِـنْدَكَ مَـأْخُـوْذٌ بِـهَا وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ يَــالَاإِلـٰــهَ إِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَــكَ إِنِّــى كُنـْتُ مِنَ الظَّالِــمِـيْنَ. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ يَــالَاإِلـٰـهَ إِلَّا أَنْتَ عَـالِمُ الْـغَـيْبِ وَالشَّـهَادَةِ مِنْ كُلِّ سَـيِّــئَـةٍ عَـمِلْـتُهَا فِى بِــيَاضِ النَّــهَارِ وَسَوَادِ اللَّــيْلِ فِى مَلَاءٍ وَخَلَاءٍ وَسِرٍّ وَعَـلَانِــيَّـةٍ وَأَنْتَ إليَّ نَـاظِرٌ إِذَا ارْتَــكَــبْــتُهَا تَـرٰى مَا اٰتَــيْــتُـهُ مِنَ الْـعِصْيَانِ بِهِ عَمْدًا أَوْ خَطَـأً أَوْ نِسْيَانًـا يَاحَلِـيْمُ يَـاَكَــرِيْمُ. وَاَسْتَـغْـفِرُكَ يَــا لَاإِلـٰـهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُــنْتُ مِنَ الظَّالِـمِـيْنَ. رَبِّ اغْــفِرْلِى وَتُبْ عَــلَـيَّ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِــمِـيْنَ. وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ مِنْ كُلِّ فَرِيْـضَةٍ وَجَبَتْ عَــلَـيَّ فِى آنـَــاءِ اللَّيْلِ وَأَطْرَافِ النَّــهَارِ فَــتَـرَكْــتُهَا عَـمْدًا أَوْ خَطَأً أَوْ نِسْيَانًــا أَوْ تَـهَاوُنًــا وَأَنَـا مَسْؤُلٌ بِـهَا وَمِنْ كُلِّ سَيِّــئَـةٍ مِنْ سُنَنِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِـيْنَ وَخَاتَمِ النَّــبِــيِّــيْنَ مُحَــمَّدٍ  فَـتَـرَكْــتُهَا غَـفْـلَـةً أَوْ سَهْوًا أَوْ تَـهَاوُنًــا قَـلَّتْ أَوْ كَــثُـرَتْ وَأَنَــا عَـائـدٌ بِـهَا وَأَسْتَـغْـفِـرُكَ يَـالَاإِلـٰـهَ إِلَّا أَنْتَ وَحْدَكَ لَاشَـرِيْكَ لَكَ. سُبْحَانَــكَ رَبَّ الْـعَالَمِــيْنَ لَكَ الْمُـلْكُ وَلَكَ الْحَــمْدُ وَلَكَ الشُّــكْـرُ وَأَنْتَ حَـسْبُــنَا وَنِــعْـمَ الْـوَكِــيْلُ نِـعْمَ الْمَوْلٰى وَنِــعْمَ النَّــصِـيْـرُ وَلَا حَـوْلَ وَلَا قُــوَّةَ إِلَّا بِــاللّـٰـهِ الْـعَـلِـىِّ الْعَـظِيْــمِ. وَصَلَّى اللّــٰـهُ عَــلـٰى سَيَّدِنَـا مُحَــمَّدٍ وَآلِــهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّـمَ تَسْلِــيْمًا كَــثِــيْرًا. وَالْحَـمْدُ لِلّــٰهِ رَبِّ اْلعَالَـمِـيْنَ. آمِــــيْنَ.     

0 Response to "ISTIGHFAR ROJAB"

Post a Comment