ISRO' MI'ROJ BUKTI ALLAH TIDAK BUTUH RUANG DAN WAKTU

 

KHUTBAH JUM’AT SINGKAT BAHASA JAWA

ISRO' MI'ROJ

Mengawali khutbah yang singkat ini, khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yang dilarang dan diharamkan.  

Mukjizat Isra’ telah disebutkan dalam Al-Qur’an secara tegas dan eksplisit. Oleh karenanya, barangsiapa mengingkari Isra’, maka ia telah mendustakan Al-Qur’an.   Sedangkan Mi’raj, Al-Qur’an tidak menyebutkannya secara sharih dan eksplisit, akan tetapi menyatakannya dengan keterangan yang mendekati nash yang sharih (eksplisit).

مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى. أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى . عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى

“Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya. Maka apakah kalian (musyrikin Makkah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya? Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha” (QS an-Najm: 11-14).

Para ulama Ahlussunnah menyatakan: Barangsiapa mengingkari mukjizat Mi’raj karena ketidaktahuannya tentang adanya Mi’raj dalam syara’, maka ia tidak kafir, akan tetapi dihukumi fasiq, karena Al-Qur’an tidak menyebutkan Mi’raj secara eksplisit. Sedangkan seseorang yang mengingkari Mi’raj dengan maksud menentang ajaran agama, maka ia tidak lagi tergolong kaum muslimin.

Setelah Rasulullah menjadi imam shalat bagi para nabi di Baitul Maqdis, maka Rasulullah dibawa naik ke langit dan bertemu dengan Nabi Adam as. di langit kedua bertemu dengan nabi Isa dan Yahya ‘alaihimas salam. Di langit ke tiga bertemu dengan Nabi Yusuf ‘alaihissalam, di lagi keempat brtemu dengan Nabi Yusuf dan Nabi Idris ‘alaihimassalam. Di langit kelima bertemu dengan Nabi Harun ‘alaihissalam, di langit keenam bertemu dengan Nabi Musa ‘alaihissalam, dan di langit ketujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang menyandarkan punggungnya ke al-Bait al-Ma’mur.

Tidak seorang pun di antara makhluk Allah yang mampu menyifati Sidratul Muntaha saking indahnya. Kemudian Allah mewahyukan kepadaku beberapa hal:   Allah wajibkan kepadaku 50 kali shalat dalam sehari semalam, lalu Nabi pun beberapa kali memohon keringanan kepada Allah hingga Allah mewahyukan kepadanya kewajiban shalat lima kali sehari semalam, setiap shalat terhitung pahalanya seakan-akan sepuluh shalat, sehingga totalnya menjadi lima puluh shalat.  Allah juga mewahyukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa barangsiapa berkeinginan melakukan satu kebaikan lalu tidak jadi mengerjakannya, maka dihitung satu kebaikan, dan jika dia mengerjakannya dihitung sepuluh kebaikan. Dan barangsiapa berkeinginan melakukan keburukan dan tidak mengerjakannya maka tidak dicatat sebagai keburukan, jika dia mengerjakannya maka dihitung satu keburukan.  

Ulama’ Ahlussunnah wal Jama’ah mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari Mi’raj adalah memuliakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan memperlihatkan kepada beliau keajaiban-keajaiban di alam atas, seperti langit, al-Bait al-Ma’mur, Sidratul Muntaha, ‘Arsy, surga dan lain-lain, dan mengagungkan derajat beliau. Sangat penting ditegaskan bahwa peristiwa Mi’raj tidak berarti sampainya Nabi ke sebuah tempat yang Allah berada di sana. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah bertemu dan berkumpul dengan Allah seperti bertemunya makhluk dengan makhluk, karena Allah Mahasuci dari tempat, arah dan ruang. Allah bukan jism (sesuatu yang memiliki panjang, lebar dan kedalaman) dan Allah tidak menyerupai sesuatu pun di antara makhluk-Nya sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala tegaskan:  

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (الشورى: ١١)

Maknanya: “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Allah, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS asy-Syura: 11)  

 

Hadlratusy Syaikh K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari menegaskan dalam mukadimah kitab at-Tanbihat al-Wajibat:

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ

“Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dia Mahasuci dari berbentuk (berjisim), arah, masa dan tempat.”  

===============================================================

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَلَا شَبِيْهَ وَلَا مِثْلَ وَلَا نِدَّ لَهُ، وَلَا حَدَّ وَلَا جُثَّةَ وَلَا أَعْضَاءَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا وَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ. اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَّالَاهُ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ. أَمَّا بَعْدُ : فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى. أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى . عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى . (النجم: ١١-١٤)

Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh.

Sumanggo kito sami ningkataken kwalitas iman lan taqwa kito dhumateng Allah   kanthi nindaaken kesahenan lan nilar kaawonan, supados kito saged gayuh kawilujengan wiwit dunya ngantos akherat. Alhamdulillah, kanthi fadhalipu  Allah kita sampun mlebet ing wulan Rojab, wulan engkang kebak beberkahan. Kanjeng Nabi Muhammad bersabda:

رَجَبُ شَهْرُ اللَّهِ وَشَعْبَانُ شَهْرِى وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِى

Rajab puniko wulanipun Allah, Sya’ban puniko wulan ingsun, lan Ramadhan puniko wulane umatku”. (Imam As-Suyuti).

Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh.

Setunggaling peristiwa agen saking mikjizatiupun kanjeng Rasul Muhammad  tatkolo nglampahi Isro’ Mi’roj, Alloh mboten mbetahaken panggenan lan arah. Jalaran peristiwa Isro’ Mi’roj puniko setunggaling perkawis engkang sampun dipun tegasaken Al-Qur’an kanthi shorih.

مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى. أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى . عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى

Atine ora nggorohi marang opo kang di persani. Mongo opoto siro (kaum kafir) arep mbantah marang barang kang wis di persani? Lan saktemnene Muhammad wus mersani Jibril klawan wujud asline ing wektu liyane, hyo iku tatkolo ono ing Sidrotul muntaha. (QS an-Najm: 11-14).

Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh.

Sak sampunipun kanjeng Rasul dados imam sholat kagem poro nabi ing Baitul Maqdis. Lajeng Kanjeng Rasul minggah dhateng langit setunggal panggih kaliyan Nabi Adam alaihis salam. Ing langit kapindho panggih kaliyan Nabi Isa lan nabi Yahya alaihimas salam. Ing langit tiggo panggih kaliyan Nabi yusuf alaihis salam. Ing langit sekawan panggih kaliyan Nabi idris alaihis salam. Ing langit gansal panggih kaliyan Nabi harus alaihis salam. Ing langit enem panggih kaliyan nabi Musa alaihis salam. Ing langit pitu panggih kaliyan Nabi ibrahim alaihis salam engkang nembe semendhe ing baitul makmur.

Salajengipun Jibril ngajak Kanjeng Nabi Muhammad supados minggah dhateng Sidrotul Muntaha engkang awujud wit ageng tur endah. Mboten wenton setunggaling makhlukipun Allah engkang saged nyifati endahipun Sidrotul Muntaha. Lajeng Allah paring titah dhateng kanjeng nabi Muhammad supados nindaki sholawat 50 wekdal, hananging saking bujukanipun nabi Musa as. Kanjeng nabi lan umatipun dipun korting sholate dados 5 wekdal. Setunggal sholatan diitung 10 (sedodo) ganjaran sahinggo totale sami kaliyan sholat 50 (seket) wekdal. Kanjeng rasul lajeng dawuh “Sopo wahe kang niyat kaapikan mongjmo bajal di hanjar siji kaapikan, yen wong mahu gelem nindaki niyate mahu mongko bakal diganjar 10 kaapikan. Lan sopo kang anduweni niyat olo nanging ora nindaki kaalanane mongko wong mau ora dietung kaalanan, lan lamun wong mahu niyat lan nindaki perkoro olo mongko wong mahu bakal di etung nglakoni siji kalanan.”

Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh.

Ulama’ Ahlus Sunnah wal jamaah nyataaken bilih maksud lan tujuanipun Isro’ Mi’roj nun inggih : mulyaaken sarto paring dejata luhur dhateng kanjeng Nabi Muhammad kanthi paring wawasan lan ajaibun ngalam kados baitul makmur, ‘Arsy, Sidrotul Muntaha, Surgo lan neroko lan sanesipun. Puniko paring pangertosan kagem kito bilih Allah meniko mboten teng nginggil. Kanjeng Nabi ugi mboten kempal kaliyan Allah kados kempale sesami makhluk, keranten Allah Moho suci saking panggenan, arah lan ruang .

 لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (الشورى: ١١)

ora ono opo wahe kang madhani marang Allah. Allah Dzat Moho Midhanget lan Moho Mersani (QS asy-Syura: 11) 

Hadlratusy Syaikh K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari negasakan ingdalem mukadimah kitab at-Tanbihat al-Wajibat :

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ

Lan aku nekseni bilih ora ono pengenran kang berhak disembah sak liyane Allah kang ora anduweni sekutu, Allah Moho Suci soko sekabihane bentuk (jisim) arah, wektu lan panggonan.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ، وَنَعُوذُ بِالِلّٰهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ اِلَّاللّٰه وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَ بَعْدَهُ. اَللّٰهُـمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.أَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ الِلّٰهِ! اِتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

قَالَ اللّٰهُ تَعَاَلَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ:  إِنَّ اللّٰهَ وَمَلَآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يَآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللّٰهُـمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّٰهُـمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّٰهُـمَّ اِنَّانَسْأَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُـمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِوَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.  رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

 

عِبَادَالِلّٰهِ ! إِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ الِلّٰهِ اَكْبَرْ.

0 Response to "ISRO' MI'ROJ BUKTI ALLAH TIDAK BUTUH RUANG DAN WAKTU"

Post a Comment