KHUTBAH JUM’AT SINGKAT BAHASA JAWA
ISRO' MI'ROJ
Mengawali khutbah yang singkat ini, khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yang dilarang dan diharamkan.
Mukjizat Isra’ telah disebutkan dalam Al-Qur’an secara tegas dan
eksplisit. Oleh karenanya, barangsiapa mengingkari Isra’, maka ia telah
mendustakan Al-Qur’an. Sedangkan Mi’raj, Al-Qur’an tidak menyebutkannya
secara sharih dan eksplisit, akan tetapi menyatakannya dengan keterangan yang
mendekati nash yang sharih (eksplisit).
مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا
رَأَى. أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى .
عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى
“Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya. Maka
apakah kalian (musyrikin Makkah) hendak membantahnya tentang apa yang telah
dilihatnya? Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya
yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha” (QS an-Najm:
11-14).
Para ulama Ahlussunnah menyatakan: Barangsiapa mengingkari mukjizat
Mi’raj karena ketidaktahuannya tentang adanya Mi’raj dalam syara’, maka ia
tidak kafir, akan tetapi dihukumi fasiq, karena Al-Qur’an tidak menyebutkan
Mi’raj secara eksplisit. Sedangkan seseorang yang mengingkari Mi’raj dengan
maksud menentang ajaran agama, maka ia tidak lagi tergolong kaum muslimin.
Setelah Rasulullah ﷺ menjadi
imam shalat bagi para nabi di Baitul Maqdis, maka Rasulullah ﷺ dibawa
naik ke langit dan bertemu dengan Nabi Adam as. di langit kedua bertemu dengan nabi
Isa dan Yahya ‘alaihimas salam. Di langit ke tiga bertemu dengan Nabi Yusuf
‘alaihissalam, di lagi keempat brtemu dengan Nabi Yusuf dan Nabi Idris
‘alaihimassalam. Di langit kelima bertemu dengan Nabi Harun ‘alaihissalam, di
langit keenam bertemu dengan Nabi Musa ‘alaihissalam, dan di langit ketujuh
bertemu dengan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang menyandarkan punggungnya ke
al-Bait al-Ma’mur.
Tidak seorang pun di antara makhluk Allah yang mampu menyifati
Sidratul Muntaha saking indahnya. Kemudian Allah mewahyukan kepadaku beberapa
hal: Allah wajibkan kepadaku 50 kali shalat dalam sehari semalam, lalu Nabi
pun beberapa kali memohon keringanan kepada Allah hingga Allah mewahyukan
kepadanya kewajiban shalat lima kali sehari semalam, setiap shalat terhitung
pahalanya seakan-akan sepuluh shalat, sehingga totalnya menjadi lima puluh
shalat. Allah juga mewahyukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam bahwa barangsiapa berkeinginan melakukan satu kebaikan lalu tidak jadi mengerjakannya,
maka dihitung satu kebaikan, dan jika dia mengerjakannya dihitung sepuluh
kebaikan. Dan barangsiapa berkeinginan melakukan keburukan dan tidak
mengerjakannya maka tidak dicatat sebagai keburukan, jika dia mengerjakannya
maka dihitung satu keburukan.
Ulama’ Ahlussunnah wal Jama’ah mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari
Mi’raj adalah memuliakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan
memperlihatkan kepada beliau keajaiban-keajaiban di alam atas, seperti langit,
al-Bait al-Ma’mur, Sidratul Muntaha, ‘Arsy, surga dan lain-lain, dan
mengagungkan derajat beliau. Sangat penting ditegaskan bahwa peristiwa Mi’raj
tidak berarti sampainya Nabi ke sebuah tempat yang Allah berada di sana. Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah bertemu dan berkumpul dengan Allah
seperti bertemunya makhluk dengan makhluk, karena Allah Mahasuci dari tempat,
arah dan ruang. Allah bukan jism (sesuatu yang memiliki panjang, lebar dan
kedalaman) dan Allah tidak menyerupai sesuatu pun di antara makhluk-Nya
sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala tegaskan:
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
(الشورى: ١١)
Maknanya: “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan
Allah, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS asy-Syura: 11)
Hadlratusy Syaikh K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari
menegaskan dalam mukadimah kitab at-Tanbihat al-Wajibat:
وَأَشْهَدُ
أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ
الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ
“Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan
Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dia Mahasuci dari berbentuk
(berjisim), arah, masa dan tempat.”
===============================================================
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ
اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَلَا شَبِيْهَ وَلَا مِثْلَ وَلَا نِدَّ لَهُ، وَلَا حَدَّ وَلَا جُثَّةَ وَلَا أَعْضَاءَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا وَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ. اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَّالَاهُ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ. أَمَّا بَعْدُ : فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى. أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى . عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى . (النجم: ١١-١٤)
Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh.
Sumanggo
kito sami ningkataken kwalitas iman lan taqwa kito dhumateng Allah ﷻ kanthi nindaaken kesahenan lan nilar kaawonan, supados
kito saged gayuh kawilujengan wiwit dunya ngantos akherat. Alhamdulillah,
kanthi fadhalipu Allah kita sampun
mlebet ing wulan Rojab, wulan engkang kebak beberkahan. Kanjeng Nabi Muhammad ﷺ bersabda:
رَجَبُ
شَهْرُ اللَّهِ وَشَعْبَانُ شَهْرِى وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِى
“Rajab
puniko wulanipun Allah, Sya’ban puniko wulan ingsun, lan Ramadhan puniko wulane
umatku”. (Imam As-Suyuti).
Ma’asyirol muslimin
rohimakumulloh.
Setunggaling peristiwa agen saking mikjizatiupun kanjeng Rasul
Muhammad ﷺ tatkolo
nglampahi Isro’ Mi’roj, Alloh mboten mbetahaken panggenan lan arah. Jalaran
peristiwa Isro’ Mi’roj puniko setunggaling perkawis engkang sampun dipun
tegasaken Al-Qur’an kanthi shorih.
مَا كَذَبَ
الْفُؤَادُ مَا رَأَى. أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً
أُخْرَى . عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى
“Atine ora nggorohi
marang opo kang di persani. Mongo opoto siro (kaum kafir) arep mbantah marang
barang kang wis di persani? Lan saktemnene Muhammad wus mersani Jibril klawan
wujud asline ing wektu liyane, hyo iku tatkolo ono ing Sidrotul muntaha. (QS an-Najm: 11-14).
Ma’asyirol muslimin
rohimakumulloh.
Sak sampunipun
kanjeng Rasul ﷻ
dados imam sholat kagem poro nabi ing Baitul Maqdis. Lajeng
Kanjeng Rasul minggah dhateng langit setunggal panggih kaliyan Nabi Adam alaihis
salam. Ing langit kapindho panggih kaliyan Nabi Isa lan nabi Yahya alaihimas
salam. Ing langit tiggo panggih kaliyan Nabi yusuf alaihis salam. Ing langit
sekawan panggih kaliyan Nabi idris alaihis salam. Ing langit gansal panggih
kaliyan Nabi harus alaihis salam. Ing langit enem panggih kaliyan nabi Musa
alaihis salam. Ing langit pitu panggih kaliyan Nabi ibrahim alaihis salam
engkang nembe semendhe ing baitul makmur.
Salajengipun Jibril
ngajak Kanjeng Nabi Muhammad ﷺ
supados minggah dhateng Sidrotul Muntaha engkang awujud wit
ageng tur endah. Mboten wenton setunggaling makhlukipun Allah engkang saged
nyifati endahipun Sidrotul Muntaha. Lajeng Allah paring titah dhateng kanjeng
nabi Muhammad ﷺ
supados nindaki sholawat 50 wekdal, hananging saking
bujukanipun nabi Musa as. Kanjeng nabi lan umatipun dipun korting sholate dados
5 wekdal. Setunggal sholatan diitung 10 (sedodo) ganjaran sahinggo totale sami
kaliyan sholat 50 (seket) wekdal. Kanjeng rasul lajeng dawuh “Sopo wahe kang
niyat kaapikan mongjmo bajal di hanjar siji kaapikan, yen wong mahu gelem nindaki
niyate mahu mongko bakal diganjar 10 kaapikan. Lan sopo kang anduweni niyat olo
nanging ora nindaki kaalanane mongko wong mau ora dietung kaalanan, lan lamun
wong mahu niyat lan nindaki perkoro olo mongko wong mahu bakal di etung
nglakoni siji kalanan.”
Ma’asyirol muslimin
rohimakumulloh.
Ulama’ Ahlus Sunnah wal jamaah nyataaken bilih maksud lan tujuanipun Isro’
Mi’roj nun inggih : mulyaaken sarto paring dejata luhur dhateng kanjeng Nabi
Muhammad ﷺ kanthi
paring wawasan lan ajaibun ngalam kados baitul makmur, ‘Arsy, Sidrotul Muntaha,
Surgo lan neroko lan sanesipun. Puniko paring pangertosan kagem kito bilih
Allah meniko mboten teng nginggil. Kanjeng Nabi ugi mboten kempal kaliyan Allah
kados kempale sesami makhluk, keranten Allah Moho suci saking panggenan, arah
lan ruang .
لَيْسَ كَمِثْلِهِ
شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (الشورى: ١١)
“ora ono opo wahe kang madhani
marang Allah. Allah Dzat Moho Midhanget lan Moho Mersani (QS asy-Syura: 11)
Hadlratusy Syaikh K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari negasakan ingdalem
mukadimah kitab at-Tanbihat al-Wajibat :
وَأَشْهَدُ
أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ
الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ
“Lan aku nekseni bilih ora ono
pengenran kang berhak disembah sak liyane Allah kang ora anduweni sekutu, Allah
Moho Suci soko sekabihane bentuk (jisim) arah, wektu lan panggonan.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah II
اَلْحَمْدُ
لِلّٰهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ، وَنَعُوذُ بِالِلّٰهِ مِنْ
شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ
فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ
اِلَّاللّٰه وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَ
بَعْدَهُ. اَللّٰهُـمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.أَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ الِلّٰهِ!
اِتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ
مُسْلِمُوْنَ.
قَالَ
اللّٰهُ تَعَاَلَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّ اللّٰهَ
وَمَلَآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يَآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا
صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللّٰهُـمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد عَبْدِكَ
وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ
وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ
اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللّٰهُـمَّ
اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ
اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّٰهُـمَّ اِنَّانَسْأَلُكَ
سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ
وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ
وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُـمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ
الْمَوْتِوَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى
اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَالِلّٰهِ
! إِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي
اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ
لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ
وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ الِلّٰهِ اَكْبَرْ.
0 Response to "ISRO' MI'ROJ BUKTI ALLAH TIDAK BUTUH RUANG DAN WAKTU"
Post a Comment