RINCIAN KEEMPAT ELEMEN

RINCIAN KEEMPAT ELEMEN
Pada bab ini akan diterangkan tenang empat elemen yang sudah penulis paparkan pada pertemuan sebelumnya tentang unsur-unsur pertama kali saat terjadinya alam semesta dan tatanan tata surya. Lantas apa hubungannya keempat elemen tersebut dengan aktifitas dan kesehatan manusia? dan dimanakah letak elemen-elemen tersebut dalam tubuh manusia? Simak penjelasannya di bawah ini. selamat berfikir.


فَصْلٌ فِى اْلأَمزِجَةِ
إعْلَمْ, أَنَّ الْـمِزَاجَ الطَّبِيْعِيِّ لَمْ يَقَعْ فِى اْلأَبْدَانِ مُسْتَوِيًا عَلَى اْلإِعْتِدَالِ وَلَكِنَّ اخْتَلَفَ فَزَادَهُ بَعْضُهُ بِالْحَرَارَةِ وَبَعْضُهُ بِالْبُرُوْدَةِ مَعَ الرُّطُوْبَةِ وَالْيَبُوْسَةِ, فَانْقَسِمُ إِلَى خَمْسَةِ أَمْزِجَةٍ :
(الْـمِزَاجُ اْلأَوَّلِ : الصَّفْرَاوِىُّ) الَّذِى كَثُرَتْ فِيْهِ الْحَرَارَةُ وَالْيَبُوْسَةُ وَقَلَّتْ فِيْهِ الرُّطُوْبَةُ وَالْبُرُوْدَةُ, وَعَلَامَةُ صَاحِبِهِ سُرْعَةُ حَرَكَاتِهِ فِى جَمِيْعِ اْلأَحْوَالِ وَاْلإِقْدَامِ وَالشُّجَاعَةِ وَالْغَلَبَةِ وُجُوْدِ الْفَهْمِ وَنَحَافَةِ الْجِسْمِ وَقِلَّةُ النَّوْمِ, وَإِذَا كَانَتْ الْحَرَارَةُ فِيْهِ أَكْـثَرٌ مِنَ الْيَبَسِ كَانَ لَوْنُهُ أَحْمَرٌ, وَإِذَا كَانآَ اْليَبَسُ أَكْـثَرٌ كَانَ آدَمُ اللَّوْنِ مَشْوِيًّا بِحُمْرَةٍ, وَإِذَا اسْتَوِيًا فِيْهِ كَانَ أَصْفَرُ اللَّوْنِ. وَاللهُ أَعْلَمُ.     
Ketahuilah bahwa efek percampuran dari beberapa elemen tidak akan bertemu pada satu area tertentu, akan tetapi berbeda tempat dalam tubuh manusia. Ada yang banyak unsur panasnya ada pul yang banyak unsur dinginnya. Ada yang kebanyakan unsur senyawa basahnya dan ada pula yang kebanyakan unsur senyawa basahnya. Dan dari beberapa jensi percampuran ini sangat mempengaruhi pola hidup seseorang. Dan pola-pola itu terbagi menjdai lima jenis, yaitu :


1.        Warna kekuning-kuningan : warna ini didominasi oleh unsur panas kering, dan unsur basah dingin-nya sangat sedikit. Ciri-ciri bagi orang yang kebanyakan elemen kuning ini cepat dalam bertindak dalam setiap gerak, pemberani serta memiliki nyali yang kuat, serta mampu mengalahkan musuh-musuhnya. Disamping itu ia juga memiliki kecerdasan dalam hal kepemimpinan yang luar biasa, berpostur tubuh kecil dan sedikit tidurnya. Apabila unsur panas tidak kering, maka warna elemen kekuning-kuningan dalam dirinya itu akan berubah menjadi merah. Namun apabila elemen basahnya bercampur unsur kering  maka oplosan warna merah basah dan merah kering maka akan berubah menjadi kuning. Inilah efek dan watak dari banyaknya elemen kuning dalam diri manusia.
  (الْـمِزَاجُ اْلثانى : اَلدَّمُوِيُّ) هُوَ الَّذِى كَـثُرَتْ فِيْهِ اْلحَرَارَةُ مَعَ الرُّطُوْبَةِ وَقَلَّ فِيْهِ الْبُرُوْدَةُ وَالْيَبَسُ, وَعَلَامَةُ صَاحِبِهِ أَنْ يَكُوْنَ عَبْلُ الْبَدَنِ كَثِيْرُ اللَّحْمِ كَثِيْرُ الدَّمِّ طَيِّبُ النَّفْسِ حُسْنُ اْلأَخْلَاقِ مُتَوَسِّطُ الْفَهْمِ. وَإِذَا كَانَتْ الْحَرَارَةُ أَكْثَرٌ مِنَ الرُّطُوْبَةِ كَانَ أَصْفَرُ اللَّوْنِ, وَإِذَا كَانَتْ الرُّطُوْبَةُ فِيْهِ أَكْثَرٌ كَانَ أَبْيَضُ اللَّوْنِ مَشْوِيًّا بِحُمْرَةٍ, وَإِذَا سْتَوِيًا فِيْهِ كَانَ أَشْقَرُ اللَّوْنِ وَهُوَ الَّذِىْ بَيْنَ الْبَيَّاضِ وَالْحَمْرَةِ, وَاللهُ أَعْلَمُ. 
2.        Warna darah : yaitu jika unsur panas basah terlalu banyak dan sedikit sekali unsur dingin keringnya. Maka ciri-ciri bagi orang ini adalah gemuk badannya, banyak dagingnya, banyak darahnya, wangi aroma nafasnya, baik akhlaknya dan tengah-tengah dalam pemahamannya. Dan apabila unsur panas dalam dirinya terlalu banyak daripada unsur basah, maka darah itu berubah menjadi kuning, dan apabila unsur basah lebih banyak maka unsur putihnya sama dengan unsur merah maka waran darahnya menjadi merah muda (blonde).
(الْـمِزَاجُ اْلثَّالِثُ : البُلْغَمِيُّ) هو الَّذِى كثرت فيه البرودة والرطوبة وقلت فيه الحرارة واليبوسة. وعلامة صاحبه أن يكون عبل البدن كثير الشحم كثير الرطوبة كثير النوم كسلان بطيئ الحركة بليد الفهم كثجير النسيان لايكاد يفهم شيئا. وإذا كانت البرودة فيه أكثر من الرطوبة كان أبيض حصير اللون, وإذا كانت الرطوبة أكثر من البرودة كانت أبيض لامع اللون قريبا من البرص. وإذا استويا فيه كان رصاصي اللون.           
3.        Unsur lendir : yaitu apabila unsur dingin basah terlalu banyak dan sedikit seklai unsur pansa dan keringnya,  amak ciri-ciri orang ini adalah besar badannya, banyak lemaknya banyak tidurnya, pemalas, lambat kerjanya, bodoh pemahamannya bahkan hampir tidak mampun untuk memahamin segala sesuatu. Apabila terlalu unsur dingin yang ada pada dirinya daripada unsur basah maka lendir itu akan berubah putih dan sedikit sekali warnanya. Dan apabila unsur basahnay teralalu banyak daripada unsur dinginnya maka lendir itu akan berubah menjadi putih mendekati warna belang. Dan apabila antara basah dan dingin ukurannay sama maka lenidir itu akan berugan seperti warna timah, ini sangat bahaya bagi kehidupan.     
(الْـمِزَاجُ اْلرَّابِعِ : السَّوْدَاوِيُّ) هُوَ الَّذِى كَـثُرَتْ فِيْهِ الْبُرُوْدَةُ مَعَ الْيَبَسِ وَقَلَّتْ فِيْهِ الْحَرَارَةُ وَالرُّطُوْبَةُ. وَعَلَامَةُ صَاحِبِهِ أَنْ يَكُوْنَ نَحِيْلُ الْبَدَنِ نَحِيْلُ اللَّوْنِ نَحِيْفُ الْجِسْمِ كَثِيْرُ الْكَدِّ قَلِيْلُ النَّوْمِ لَا صَبْرَ لَهُ عَلَى الْجِمَاعِ وَعَلَيْهِ فِيْهِ ضَرَرٌ عَظِيْمٌ. وَإِذَا كَانَتْ اْلبُرُوْدَةُ أَكْـثَرٌ مِنَ الْيَبَسِ كَانَ كَمْدُ اللَّوْنِ, وَإِذَا كَانَ الْيَبَسُ فِيْهِ أَكْـثَرٌ مِنَ الْبُرُوْدَةِ كَانَ أَغْبَرُ اللَّوْنِ وَإِذَا اسْتَوِيًا كَانَ رَصَاصِىُّ اللَّوْنِ. وَاللهُ أَعْلَمُ.   
4.        Unsur hitam : yaitu apabila didalam tubuh seseorang terdapat unsur dingin dan kering secara berlebihan dan sangat sedikit unsur panas keringnya maka ciri-ciri orang tersebut adalah kurus badannya, kecil tubuhnya, banyak aktifitasnya, sedikit tidurnya, tidak sabaran saat bersenggama, hal ini sangat berbahaya dan merupakan ancaman yanhg besar bagi kesehatan. Apabila unsur dingin lebih banyak ketimbang unsur kering maka berbah sura warnanya, dan apabila unsur basah terlalu banyak daripada unsur dinginnya maka percampuran unsur itu menjadi seperti warna debu dan apabla percampurannya sama maka akan seperti warna timah.
(الْـمِزَاجُ اْلخَامِسُ : الْـمُعْتَدَلُ) الَّذِى اعْتَدَلَ طَبَائِعُهُ فِى مِيْزَانِ اعْتِدَالِ الطَّبِيْعَةِ, وَعَلَامَةُ صَاحِبِهِ أَنْ يَكُوْنَ ذَكِيُّ الْفَهْمِ مُعْتَدَلُ اْلأَعْضَاءِ فِى جَمِيْعِ خَلْقِهِ مُتَوَسِّطُ اْلحَالَاتِ فِى جَمِيْعِ أُمُوْرِهِ مُنِيْرُ النَّظِيْرِ بَيْنَ الْبَطْءِ وَالسُّرْعَةِ وَالشُّجَاعَةِ وَالْجُبْنِ حَسَنُ اْلأَخْلَاقِ مُتَوَسِّطُ الْهَيْئَاتِ فِى جَمِيْعِ أُمُوْرِهِ, وَاللهُ تَعَالَى أَعْلَمُ .
5.        Kesederhanaan / lurus, yaitu : apabila semua unsur dan elemen jika ditimbang hasilnya sama beranya, sama besarnyam sama banyaknya, amka ciri-ciri orang ini adalah cerdas pemikirannya, tegak pendiriannya, adil keputusannya, tidak pilih kasih terhadap semua makhluk, semau diperlakukan sama, selalu mengambil jalan tengah dalam memutuskan setiap perkara, bersinar tatapan maanya, tidak cepat juga tidak lambat, tidak penakut juga tidak terlalu pemberani, baik budi pekertinya, netral dalam menykapi perkara, wallohu a’lam.


Oke, sampai disini dulu untuk seasion klai ini, dan pada pembahana  berikutnya akan kami jelaskan mengenai bab makanan sebagai penopang kehidupan, insya Allah.    
< - SELANJUTNYA>>

0 Response to "RINCIAN KEEMPAT ELEMEN"

Post a Comment