KHUTBHA JUM’AT SINGKAT BAHASA JAWA
Mari kita sama-sama meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala dengan cara mnjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya,agar supa kelak kita menemukan keselamatan, kesejahteraan, dari dunia hingga akhhirat nanti.
Hadits Nabi ﷺ menjelaskan
bahwa Tiap-tiap anak Adam (manusia) pasti memiliki
banyak kesalahan, dan sebaik-baik dari mereka yang bersalah itu mau bertaubat.”
(HR. Ibnu Majah)
Arti dari Hadits tersebut memberikan isyarat
bagi kita bahwa wajib menjadikan pelajaran dari perilaku dosa yang kita lakukan
sehingga kita benar-benar menjadi orang yang baik perilaku, dan budi
perkertinya. Sebetulnya, perbuatan dosa dan kesalahan yang kita lakukan itu
menyimpan hikmah tersendiri bagi pelakunya, namun terkadang kita sendiri lupa bahkan
tidak memperhatikan hikmah dibalik itu semua.
Diantara hikamh dari perbuatan dosa antara
lain, yaitu
Mengakui bahwa manusia itu
serba dalam kekurangan, dan adalah Dzat yang Allah Sempurna dan Dat yang Agung.
Dengan kesalahan dan dosa yang kita lakukan seharusnya kita
menyandarkan diri bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah ﷻ. Dengan kesadaran itu menjadikan kita lebih tawadhu’ (rendah
diri) dihadapan Allah dan makhluk-Nya. Sebab dengan tawadhu’ itulah kelak kita
akan mendapatkan kehormatan dan kemuliaan yang tinggi derajatnya.
Langkung bijaksana ngadepi kesalahan
Hikmah yang kedua adalah menjadikan kita lebih
bijaksana dalam menghadapi sebuah kesalahan, karena sudah berpengalaman. Artinya
dengan kesalahan yang sudah pernah kita lakukan itu kita dapat mengambil sikap
tegas utuk meninggalkan kesalah-kesalahan yang sama yang terus berulang-ulang. Seorang
guru, kyai, ulama’ ustadz tidak akan merasa paling pintar dihadapan siswa atau
santri-santrinya, dan tidak pula merasa berat menghadapi siswa atau santri yang
nakal dan suka berbuat onar.
Hikmah berikutnya yaitu kita ditakdirkan
berbuat dosa dan berlaku salah, semua itu ada konsekuensianya dari Allah Al-Ghoffar
Dzat yang Maha Pengampun dan At_Tawwab Dzat yang Maha Pennerma Taubat. Jikakita
tidak pernah melakukan dosa maka kedua Asma’ Allah tersebut tentu tidak berguna
dan hanya sekedar esensi atau kesia-siaan belaka, padahal Allah itu Dzat yang
Maha Suci dari segala kesia-siaan.
Sabda Rasulullah ﷺ, yang artinya “Demi Dzat yang jiwa ragaku berada di bawah
Kekuasaan-Nya, jika kalian semua tidak pernah melakukan perbuatan dosa, tentu
Allah sudah membinasakan kalian semua, lalu Allah akan mendatangkan kaum yang
berbuat dosa agar mereka mau bertaubat dan meminta pengampunan kepada Allah,
lalu Allah pun memberi pengapunan kepada ereka. ” (HR. Muslim)
Hikmah selanjutnya, Allah
telah menetapkan posisi-posisi mulia bagi hamba-Nya. Ada yang berada di posisi
Shiddiqiin yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sellau berucap dan berkata
jujur dalam keadaan dan kondisi apapun. Ada juga yang diposisikan sebagai
Syuhada’ yang diperuntukkan bagi orang-orang yang mati syahid berjuang di jalan
Allah. ada juga yang diposisikan kedalam golongan sholoihin, yaitu golongannya
orang-orang yang selalu berbuat baik, ada juga yangdiposisikan kedalam gologan
muttaqin, yaitu ornag-orang yang selalu bertaqwa terhadap aturan-aturan Allah
dan Rasul-Nya. Lantas siapakah orang-orang yang di posisikan kedalam golongan
at-tawwabiin? Yaitu orang-orang yang berbuat dosa lalu meminta ampun
kepada-Nya. Inilah golongan yang dicintai oleh Allah seperti Firman-Nya dalam
surat Al-Baqarah ayat 222 “Innalloha yuhibbult tawwabiina wa yuhibbul
mutathohhiriin.” Sesungguhnya allah
mencitai orang-orang bertaubat dan mensucikan diri. dan ko kita akan dijadikan
sebagai orang yang mau bertaubat atau At-Tawwabiin.
Allah mentakdirkan manusia
brbuat salah agar kita mau bertaubat kepada-Nya dan berharap kita menjadi
orang-orang yang dicintai-Nya, berhak menerima pahala dari taubat sebagai pahala
tambahan atas semua kesalahan dan menyandang status at-tawwabiin yang mengakui
kesalahannya. Dan yang terpenting adalah jangan sampai kita terjerumus kedalam
dosa yang sama seperti Sabda Rasul Muhammad ﷺ yang
artinya : “Jangan sampai orang-orang mukmin terjerumus kedalam lubang yang sama”
(HR. Bukhari dan Muslim)
اَلْخُطْبَةُ الأُولَى
اَلْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِى شَرَعَ عُقُوْبَةَ الْعُصَاةِ رَدْعًا لِلْمُفْسِدِيْنَ.
وَصَلَاحًا لِلْخَلْقِ أَجْمَعِيْنَ. وَكَفَّارَةً لِلطَّاغِيْنَ الْـمُعْتّدِيْنَ.
وَأَشْهَدُرأَنْ لَاإِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لّهُ الْـمَلِكُ
الْحَقُّ الـْمُبِيْنُ. وّأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ النَّبِيِّيْنَ وَقّاعِدُ الْـمُصْلِحِيْنّ. اَللَّهُمَّ
صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ.
أَمَّا
بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ, أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَ اللَّهِ
وَطَاعَتِهِ لّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ . وَمَنْ يَتَّقِ
اللهَ يَجْعَلْهُ مَخْرَجًا, وَيَرْزُقُهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ, وَمَنْ
يَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ, إِنَّ اللهَ بَالِغُ أَمْرِهِ, قَدْ
جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ شَيْئٍ قَدْرًا أَمَّا بَعْد
Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh…
Monggo
sareng-sareng ningkataken taqwalloh, ajrih dumateng ngarsonipun Alloh, kanti
nindaaken sedoyo printah-printah-Ipun soho nebihi sedoya awisan-awisan-Ipun.
Sepados kitho sedoyo manggehaken kawilujengan soho kebahagiaan wonten ing dunyo
ngantos akhiratipun.
Ma’asyirol muslimin, hafidho kumulloh…
Alloh ta’ala sampun mesthi utawi nakdir bilih
sedoyo manungso mesti bade nindaaken dosa tuwin kesalahan. Kanjeng Nabi
Muhammad saw dawuh:
كُلُّ بَنِى آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ
الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ (رَوَاه ابن ماجه)
“Saben-saben anak Adam iku akeh
salahe, lan sak apik-apike wong kang akeh salahe iku kang akeh tobate.” (HR.
Ibnu Majah)
Hadits
meniko maringi isyarat bilih kitho kedah mendet pitutur saking saben-saben doso
engkang dipun tindaaken, hinggo kitho dodos langkung sae. Sejatosipun saben
salah utawi doso engkang kitho tindaaken meniko anggadahi hikmah engkang jarang
kitho mangertosi tuwen kitho perhatosaken. Ing antawisipun:
Sifat sampurno namung kagunganipun Allah
Kanthi kesalahan utawi doso engkang nate kitho
tindaaken, kedahipun nyadaraken dateng kitho bilih sifat sampurno meniko namung
kagunganipun Alloh ta’ala. Kanthi kesadaran meniko, kitho dados langkung
tawadhuk (andap asor) dateng Alloh lan sedoyo makhluk-Ipun. Sebab tawadhuk
menikolah kitho bade nampi kemulyaan wonten ngarsonipun Alloh tuwin wonten
pandanganipun manungso. Kanjeng Nabi saw dawuh:
مَنْ تَوَاضَعَ لِلَّهِ رَفَعَهُ اللَّهُ
(رواه أبو نُعَيم)
“Sopo wonge andap asor krono
Alloh, mongko Alloh bade pareng kemulyaan.” (HR, Abu Nu’aim)
Langkung bijaksana ngadepi kesalahan
Tyang engkang rumahos mboten nate salah/kleru
wonten pendamelanipun, meniko aurat bade maringi toleransi dateng kesalahan
karyawanipun. Kyai, ustadz utawi guru engkang rumahos pinter mboten nate salah
njawabi pitaken, meniko ugi aurat nampi kenyataan salah murid-muridipun. Dados,
doso utawi salah engkang nate kitho tindaaken meniko kedahipun saget nambah
wicaksono soho santun ngadepi kesalahanipun liyan. Kanjeng Nabi saw dawuh:
لَاحَلِيْمَ إلَّا ذُوْ عَثْرَةٍ
وَلَاحَكِيْمَ إلَّا ذُوْ تَجْرِبَةٍ (رواه الترميذي)
“Ora ono wong kang luwih santun
tinimbang kang wes tau nglakoni salah. Lan ora ono kang luwih wicaksono
tinimbang kang wes tau ngalami (ngrasakne) dewe.” (HR, Tirmidzi)
Ma’asyirol muslimin, hafidho kumulloh…
Konsekwensi saking sempurnonipun Asmo Allah Kitho dipun takdir nglampahi doso tuwin salah, meniko dados konsekwensi saking sempurnonipun Asmo Alloh AL-Ghoffar (Moho Pangapuro) lan At-Tawwab (Moho Nampi Tobat). Menawi manungso mboten nglampahi doso, berarti Asmo Alloh kasebat mboten anggadahi makno, mung sekedar nami tanpo esensi lan meniko kasio-sio. Alloh ta’ala moho suci saking perkawis engkang kasio-sio. Kanjeng Nabi saw dawuh:
وَالَّذِى نَفْسِى
بِيَدِهِ لَوْ لَمْ تُذْنِبُوْا لَذَهَبَ اللَّهُ بِكُمْ وَلَجَاءَ بِقَوْمٍ
يُذْنِبُوْنَ فَيّسْتَغْفِرُوْنَ اللَّهَ فَيَغْفِرُ لَهُمْ (رواه مسلم)
“Demi Zat kang jiwoku ona
tangane (kekuasaane), lamun thoh siro kabeh ora nglakoni doso, tamtu Allah
binasaake siro kabeh, banjur Alloh nekakne kaum kang nglakoni doso, banjur podo
nyuwun pangapuro marang Alloh, banjur Alloh pareng pangapuro.” (HR. Muslim)
Dados golonganipun “at-Tawwabin” Alloh swt sampun netepaken posisi-posisi mulyo kagem kawulonipun. Wonten posisi ash-Shiddiqin kagem tyang-tyang engkang ngucap sosho tumindak leres. Wonten posisi asy-Syuhada’ kagem tyang-tyang engkang mati syahid. Wonten posisi ash-Sholihin kagem tyang-tyang engkang tumindak kesaenan. Ugi wonten posisi al-Muttaqin kagem tyang-tyang engkang taqwa. Lajeng sinten engkang ngisi posisi at-Tawwabin menawi sedoyo manungso mboten wonten engkang nglampahi doso? Padahal posisi meniko sanget dipun cintai deneng Alloh. Firman Alloh:
إِنَّ
اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ.
“Sak temene Alloh remen dateng tyang-tyang engkang tobat lan remen dateng tyang-tyang engakn sesuci.” (QS. al-Baqarah: 222)
Alhasil, Alloh nakdir kitho nindaaken salah tuwin doso
meniko supados kitho enggal-enggal tobat. Lumantar tobat meniko, kitho berhak
lumebet wonten golonganipun at-Tawwabin, berhak
nampi ganjaran tobat minongko tambahan ganjaran amal kesaenan, ugi berhak dados
tyang pilihan engkang dipun cintai Alloh jalaran tobat tuwen ngakeni kesalahan
lan dosa kitho.
Engkang
paling penting, ambudi doyo sekuat tenaga supados mboten kajegur
wongsal-wangsul nglampahi kesalahan lan dosa engkang sami. Kanjeng Nabi
ngemutaken:
لَايُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ حُجْرٍ وَاحِدٍ
مَرَّتَيْنِ (رواه البخاري ومسلم)
“Wong mukmin ora oleh dientup peng pindo ono lubang kang podo.”
(HR. Bukhari dan Muslim)
وَاللهُ
سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يَقُوْلُ وَبِقَولِه يَهْتَدي الْـمُهْتدُونَ, أَعُوْذُ
باللَّهَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِ
وَأَصْلَحَ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ.
بَارَكَ
اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا
فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ
وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.
أَلْخُطْبَةُ الثَّانِيَّةُ
اَلْحَمْدُ
لِلَّهِ وَكَفَى. وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْـمُصْطَفَى.
وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الـْمُسْلِمُوْنَ،أُوْصِيْكُمْ
وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ
أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ. أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى
نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ. فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى
النَّبِيِّ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا
تَسْلِيمًا. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ. كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ
سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ. وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى
آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ. فِيْ الْعَالَـمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللّٰهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْـمُسْلِمَاتِ والْـمُؤْمِنِيْنَ وَالْـمُؤْمِنَاتِ
الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ ارْفَعْ وَادْفَعْ عَنَّا
الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْن وّقَرَنَ وَالْفَحْشَاءَ وَالـْمُنْكَرَ
وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْـمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالـْمِحَنَ مَا
ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ،مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الـْمُسْلِمِيْنَ
عَامَّةً. إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ
الْعَفْوَ والْعَافِيَةَ وَالـْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِى الدِّيْنِ
وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةَ. رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيأ حَسَنَةً, وَفِى
ألآخِرَةِ حَسَنَةً, وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعّالّـمِيْنَ.
عِبَادَ اللهِ. إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْـمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَاشْكُرُوْا عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُؤْتِكُمْ. وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
0 Response to "HIKMAH DARI PERBUATAN DOSA"
Post a Comment