HIKMAH DARI PERBUATAN DOSA

 

KHUTBHA JUM’AT SINGKAT BAHASA JAWA

Mari kita sama-sama meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala dengan cara mnjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya,agar supa kelak kita menemukan keselamatan, kesejahteraan, dari dunia hingga akhhirat nanti.

Hadits Nabi menjelaskan bahwa Tiap-tiap anak Adam (manusia) pasti memiliki banyak kesalahan, dan sebaik-baik dari mereka yang bersalah itu mau bertaubat.” (HR. Ibnu Majah)

Arti dari Hadits tersebut memberikan isyarat bagi kita bahwa wajib menjadikan pelajaran dari perilaku dosa yang kita lakukan sehingga kita benar-benar menjadi orang yang baik perilaku, dan budi perkertinya. Sebetulnya, perbuatan dosa dan kesalahan yang kita lakukan itu menyimpan hikmah tersendiri bagi pelakunya, namun terkadang kita sendiri lupa bahkan tidak memperhatikan hikmah dibalik itu semua.

Diantara hikamh dari perbuatan dosa antara lain, yaitu

Mengakui bahwa manusia itu serba dalam kekurangan, dan adalah Dzat yang Allah Sempurna dan Dat yang Agung. Dengan kesalahan dan dosa yang kita lakukan seharusnya kita menyandarkan diri bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah . Dengan kesadaran itu menjadikan kita lebih tawadhu’ (rendah diri) dihadapan Allah dan makhluk-Nya. Sebab dengan tawadhu’ itulah kelak kita akan mendapatkan kehormatan dan kemuliaan yang tinggi derajatnya.

Langkung bijaksana ngadepi kesalahan

Hikmah yang kedua adalah menjadikan kita lebih bijaksana dalam menghadapi sebuah kesalahan, karena sudah berpengalaman. Artinya dengan kesalahan yang sudah pernah kita lakukan itu kita dapat mengambil sikap tegas utuk meninggalkan kesalah-kesalahan yang sama yang terus berulang-ulang. Seorang guru, kyai, ulama’ ustadz tidak akan merasa paling pintar dihadapan siswa atau santri-santrinya, dan tidak pula merasa berat menghadapi siswa atau santri yang nakal dan suka berbuat onar.

Hikmah berikutnya yaitu kita ditakdirkan berbuat dosa dan berlaku salah, semua itu ada konsekuensianya dari Allah Al-Ghoffar Dzat yang Maha Pengampun dan At_Tawwab Dzat yang Maha Pennerma Taubat. Jikakita tidak pernah melakukan dosa maka kedua Asma’ Allah tersebut tentu tidak berguna dan hanya sekedar esensi atau kesia-siaan belaka, padahal Allah itu Dzat yang Maha Suci dari segala kesia-siaan.

Sabda Rasulullah , yang artinya “Demi Dzat yang jiwa ragaku berada di bawah Kekuasaan-Nya, jika kalian semua tidak pernah melakukan perbuatan dosa, tentu Allah sudah membinasakan kalian semua, lalu Allah akan mendatangkan kaum yang berbuat dosa agar mereka mau bertaubat dan meminta pengampunan kepada Allah, lalu Allah pun memberi pengapunan kepada ereka.  ” (HR. Muslim)

Hikmah selanjutnya, Allah telah menetapkan posisi-posisi mulia bagi hamba-Nya. Ada yang berada di posisi Shiddiqiin yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sellau berucap dan berkata jujur dalam keadaan dan kondisi apapun. Ada juga yang diposisikan sebagai Syuhada’ yang diperuntukkan bagi orang-orang yang mati syahid berjuang di jalan Allah. ada juga yang diposisikan kedalam golongan sholoihin, yaitu golongannya orang-orang yang selalu berbuat baik, ada juga yangdiposisikan kedalam gologan muttaqin, yaitu ornag-orang yang selalu bertaqwa terhadap aturan-aturan Allah dan Rasul-Nya. Lantas siapakah orang-orang yang di posisikan kedalam golongan at-tawwabiin? Yaitu orang-orang yang berbuat dosa lalu meminta ampun kepada-Nya. Inilah golongan yang dicintai oleh Allah seperti Firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 222 “Innalloha yuhibbult tawwabiina wa yuhibbul mutathohhiriin.” Sesungguhnya allah mencitai orang-orang bertaubat dan mensucikan diri. dan ko kita akan dijadikan sebagai orang yang mau bertaubat atau At-Tawwabiin.

Allah mentakdirkan manusia brbuat salah agar kita mau bertaubat kepada-Nya dan berharap kita menjadi orang-orang yang dicintai-Nya, berhak menerima pahala dari taubat sebagai pahala tambahan atas semua kesalahan dan menyandang status at-tawwabiin yang mengakui kesalahannya. Dan yang terpenting adalah jangan sampai kita terjerumus kedalam dosa yang sama seperti Sabda Rasul Muhammad yang artinya : “Jangan sampai orang-orang mukmin terjerumus kedalam lubang yang sama” (HR. Bukhari dan Muslim)

اَلْخُطْبَةُ الأُولَى

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى شَرَعَ عُقُوْبَةَ الْعُصَاةِ رَدْعًا لِلْمُفْسِدِيْنَ. وَصَلَاحًا لِلْخَلْقِ أَجْمَعِيْنَ. وَكَفَّارَةً لِلطَّاغِيْنَ الْـمُعْتّدِيْنَ. وَأَشْهَدُرأَنْ لَاإِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لّهُ الْـمَلِكُ الْحَقُّ الـْمُبِيْنُ. وّأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ النَّبِيِّيْنَ وَقّاعِدُ الْـمُصْلِحِيْنّ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ. أَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ, أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَ اللَّهِ وَطَاعَتِهِ لّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ . وَمَنْ يَتَّقِ اللهَ يَجْعَلْهُ مَخْرَجًا, وَيَرْزُقُهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ, وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ, إِنَّ اللهَ بَالِغُ أَمْرِهِ, قَدْ جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ شَيْئٍ قَدْرًا أَمَّا بَعْد

Ma’asyirol muslimin rohimakumulloh…

Monggo sareng-sareng ningkataken taqwalloh, ajrih dumateng ngarsonipun Alloh, kanti nindaaken sedoyo printah-printah-Ipun soho nebihi sedoya awisan-awisan-Ipun. Sepados kitho sedoyo manggehaken kawilujengan soho kebahagiaan wonten ing dunyo ngantos akhiratipun.

Ma’asyirol muslimin, hafidho kumulloh…

Alloh ta’ala sampun mesthi utawi nakdir bilih sedoyo manungso mesti bade nindaaken dosa tuwin kesalahan. Kanjeng Nabi Muhammad saw dawuh:

كُلُّ بَنِى آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ (رَوَاه ابن ماجه)

“Saben-saben anak Adam iku akeh salahe, lan sak apik-apike wong kang akeh salahe iku kang akeh tobate.” (HR. Ibnu Majah)

Hadits meniko maringi isyarat bilih kitho kedah mendet pitutur saking saben-saben doso engkang dipun tindaaken, hinggo kitho dodos langkung sae. Sejatosipun saben salah utawi doso engkang kitho tindaaken meniko anggadahi hikmah engkang jarang kitho mangertosi tuwen kitho perhatosaken. Ing antawisipun:

Sifat sampurno namung kagunganipun Allah

Kanthi kesalahan utawi doso engkang nate kitho tindaaken, kedahipun nyadaraken dateng kitho bilih sifat sampurno meniko namung kagunganipun Alloh ta’ala. Kanthi kesadaran meniko, kitho dados langkung tawadhuk (andap asor) dateng Alloh lan sedoyo makhluk-Ipun. Sebab tawadhuk menikolah kitho bade nampi kemulyaan wonten ngarsonipun Alloh tuwin wonten pandanganipun manungso. Kanjeng Nabi saw dawuh:

مَنْ تَوَاضَعَ لِلَّهِ رَفَعَهُ اللَّهُ (رواه أبو نُعَيم)

“Sopo wonge andap asor krono Alloh, mongko Alloh bade pareng kemulyaan.” (HR, Abu Nu’aim)

Langkung bijaksana ngadepi kesalahan

Tyang engkang rumahos mboten nate salah/kleru wonten pendamelanipun, meniko aurat bade maringi toleransi dateng kesalahan karyawanipun. Kyai, ustadz utawi guru engkang rumahos pinter mboten nate salah njawabi pitaken, meniko ugi aurat nampi kenyataan salah murid-muridipun. Dados, doso utawi salah engkang nate kitho tindaaken meniko kedahipun saget nambah wicaksono soho santun ngadepi kesalahanipun liyan. Kanjeng Nabi saw dawuh:

لَاحَلِيْمَ إلَّا ذُوْ عَثْرَةٍ وَلَاحَكِيْمَ إلَّا ذُوْ تَجْرِبَةٍ (رواه الترميذي)

“Ora ono wong kang luwih santun tinimbang kang wes tau nglakoni salah. Lan ora ono kang luwih wicaksono tinimbang kang wes tau ngalami (ngrasakne) dewe.” (HR, Tirmidzi)

Ma’asyirol muslimin, hafidho kumulloh…

Konsekwensi saking sempurnonipun Asmo Allah Kitho dipun takdir nglampahi doso tuwin salah, meniko dados konsekwensi saking sempurnonipun Asmo Alloh AL-Ghoffar  (Moho Pangapuro) lan At-Tawwab (Moho Nampi Tobat). Menawi manungso mboten nglampahi doso, berarti Asmo Alloh kasebat mboten anggadahi makno, mung sekedar nami tanpo esensi lan meniko kasio-sio. Alloh ta’ala moho suci saking perkawis engkang kasio-sio. Kanjeng Nabi saw dawuh:

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَوْ لَمْ تُذْنِبُوْا لَذَهَبَ اللَّهُ بِكُمْ وَلَجَاءَ بِقَوْمٍ يُذْنِبُوْنَ فَيّسْتَغْفِرُوْنَ اللَّهَ فَيَغْفِرُ لَهُمْ (رواه مسلم)

“Demi Zat kang jiwoku ona tangane (kekuasaane), lamun thoh siro kabeh ora nglakoni doso, tamtu Allah binasaake siro kabeh, banjur Alloh nekakne kaum kang nglakoni doso, banjur podo nyuwun pangapuro marang Alloh, banjur Alloh pareng pangapuro.” (HR. Muslim)

Dados golonganipun “at-Tawwabin” Alloh swt sampun netepaken posisi-posisi mulyo kagem kawulonipun. Wonten posisi ash-Shiddiqin kagem tyang-tyang engkang ngucap sosho tumindak leres. Wonten posisi asy-Syuhada’ kagem tyang-tyang engkang mati syahid. Wonten posisi ash-Sholihin kagem tyang-tyang engkang tumindak kesaenan. Ugi wonten posisi al-Muttaqin kagem tyang-tyang engkang taqwa. Lajeng sinten engkang ngisi posisi at-Tawwabin menawi sedoyo manungso mboten wonten engkang nglampahi doso? Padahal posisi meniko sanget dipun cintai deneng Alloh. Firman Alloh:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ.

“Sak temene Alloh remen dateng tyang-tyang engkang tobat lan remen dateng tyang-tyang engakn sesuci.” (QS. al-Baqarah: 222)

Alhasil, Alloh nakdir kitho nindaaken salah tuwin doso meniko supados kitho enggal-enggal tobat. Lumantar tobat meniko, kitho berhak lumebet wonten golonganipun at-Tawwabin, berhak nampi ganjaran tobat minongko tambahan ganjaran amal kesaenan, ugi berhak dados tyang pilihan engkang dipun cintai Alloh jalaran tobat tuwen ngakeni kesalahan lan dosa kitho.

Engkang paling penting, ambudi doyo sekuat tenaga supados mboten kajegur wongsal-wangsul nglampahi kesalahan lan dosa engkang sami. Kanjeng Nabi ngemutaken:

لَايُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ حُجْرٍ وَاحِدٍ مَرَّتَيْنِ (رواه البخاري ومسلم)


“Wong mukmin ora oleh dientup peng pindo ono lubang kang podo.” (HR. Bukhari dan Muslim)

وَاللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يَقُوْلُ وَبِقَولِه يَهْتَدي الْـمُهْتدُونَ, أَعُوْذُ باللَّهَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ. بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.

أَلْخُطْبَةُ الثَّانِيَّةُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ وَكَفَى. وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْـمُصْطَفَى. وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الـْمُسْلِمُوْنَ،أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ. أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ. فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ. وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ. فِيْ الْعَالَـمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْـمُسْلِمَاتِ والْـمُؤْمِنِيْنَ وَالْـمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ ارْفَعْ وَادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْن وّقَرَنَ وَالْفَحْشَاءَ وَالـْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْـمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالـْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ،مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الـْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً. إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ والْعَافِيَةَ وَالـْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةَ. رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيأ حَسَنَةً, وَفِى ألآخِرَةِ حَسَنَةً, وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعّالّـمِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ. إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْـمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَاشْكُرُوْا عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُؤْتِكُمْ. وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

0 Response to "HIKMAH DARI PERBUATAN DOSA"

Post a Comment