ASBABUN NUZUL SURAT AT-TAKATSUR

ASABUN NUZUL SURAT AT-TAKATSUR
SEBAB-SEBAB TURUNNYA SURAT AT-TAKATSUR

Surat At-Takatsur التكاثر (Bermegah-megahan) adalah urutan surat ke-102 di dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 8 ayat dan termasuk goloongan surat Makkiyah dan diturunkan setelah surat Al-Kautsar. Adapun yang meriwayatkan asbabun nuzul surat At-Takatsur adalah Ibnu Abu Hatim. Berikut teks arab surat At-Takatsur beserta terjemahnya.    

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَلْهٰـــكُمُ التَّـــكَاثُرُ ﴿1﴾ حَتّٰى زُرْتُمُ الْـمَقَابِرَ ﴿2﴾ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ ﴿3﴾ ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ ﴿4﴾ كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِــيْنِ ﴿5﴾ لَـتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَ ﴿6﴾ ثُمَّ لَتَرَوُنَّـهَا عَيْنَ الْيَقِــيْنِ ﴿7﴾ ثُمَّ لَتُسْئَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ ﴿8﴾
Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
1.        Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,
2.        sampai kamu masuk ke dalam kubur.
3.        Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
4.        kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui,
5.        Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti,
6.        niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim,
7.        kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri,
8.        kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu).


Maksud dari “bermegah-mwegahan” dalam surat At-Takatsur ini adalah bermegah-megahan dalam benyaknya harta, anak keturunan, pengikut, kemuliaan yang telah melalailkan manusia kepada Tuhannya.

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan bahwa auat 1 dan 2 ini turun berkaitan dengan dua kabilah Anshor yaitu Bani Haritsah dan Bani Harits yang saling menyombongkan diri dengan kekayaan dan keturunan mereka. mereka saling menyombongkan diri dengan kedudukan dan kekayaan orang-orang yang masih hidup . mereka juga mengajak pergi ke kuburan untuk menyombogkan kepahlawanan golongan mereka yang sudah gugur.

Ayat ini turun sebagai teguran kerpada kita agar tidak membanggakan harta benda dan kedudukan kita sehingga ibadah kita kepada Allah tidak terlupakan.

Ibnu jarir meriwayatkan bahwa Ali pernah berkata “pada mulanya kami sangsi tenang siksa kubur. Setelah turun ayat 1-4 ini hilanglah kresahan kami”.

0 Response to "ASBABUN NUZUL SURAT AT-TAKATSUR"

Post a Comment