WASIAT IMAM HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADAD RA. TARIM YAMAN

Al- Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Hadad, lahir di Syubair Hadlramaut Yaman pada tanggal 5 Shofar 1044 H. Beliau dibesarkan di Kota Tarim. Pada saat beluai berumur 4 tahun beliau terkena penyakit cacar sehingga kedua matanya buta. Salah satu amalan beliau yang sering dilantunkannya adalah bacaan Tahlil sebanyak 1.000 (seribu) kali swetiap harinya. Dan khusus pada bulan ramadhan beliau membaca tahlil sebanyak 2.000 (duaribu) kali setiap harinya.

Banyak wasiat da wejangan dari beliau untuk kita semua, diantara wasiat beliau adalah :

عَلَيْكَ بِتَقْوَى اللهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَنْ. وَقَلْبَكَ نَظِّفْهُ مِنَ الرِّجْسِ وَالدَّرَنْ.  وَخَالِفْ هَوَى النّْفِس الَّتِي لَيْسَ قَصْدُهَـا سِوَى الْجَمْعِ لِلدَّارِالَّتِي حَشْوُهَا الْمِحَنْ وَاصْحَبْ ذَوِي الـْمَعْرُوفِ وَالْعِلْمِ وَالْهُدَى وَجَانِبْ وَلَا تَصْحَبْ هُدِيتَ مَنِ افْتَتَنْ وَإِنْ تَرْضَى باِلْـمَقْسُومِ عِشْتَ مُنَعَّمَا وَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرْضَى بِهِ عِشْتَ فِي حَزَنْ وَصَلِّ بِقَلْبٍ حَاضِرٍ غَيْرِ غَافِــــلٍ وَلَا تَلْهُ عَنْ ذِكْرِ الـْمَقَابِرِ وَالْكَفَـــــنْ وَمَا هَذِهِ الدُّنْيَا بِدَارِ إِقَامَــــــــةٍ وَمَا هِيَ إِلَّا كَالطَّـرِيقِ إِلَى الْوَطَنْ وَمَا الدَّارُ إِلَّا جَنَّةٌ لِـمَنِ اتَّــــــــقَى وَنَارٌ لِـمَنْ لَمْ يَتَّقِ اللهَ فَاسْمَعَــنْ

 فَيَارَبِّ, عَامِلْنَا بِلُطْفِكَ وَاكْفِــــــنَا بِجُودِكَ وَاعْصِمْنَا مِنَ الزَّيْغِ وَالْفِتَنْ وَوَفِّقْ وَسَدِّدْ وَاصْلِحِ الْكُلَّ وَاهْدِنَا لِسُنَّةِ خَـْيِر الْخَلْقِ وَالسَّيِّدِ الْحَسَنْ عَلَيْهِ صَلَاةُ اللهِ ثُمَّ سَلَامُــــــــهُ صَلَاةً وَتَسْلِيمًا إِلَى آخِرِ الزَّمَـــــنْ

1.      
Tetaplah untuk selalul bertaqwa kepada Allah baik ketika sendirian atau bersama orang lain.
2.   Bersihkanlah hatimu dari segala dosa dan penyakit hati (hasud, ujub, sombong, dll) Janganlah kamu ikuti hawa nafsu yang hanya selalu bertujuan untuk mengumpulkan kemewahan dunia yang sebenarnya penuh dengan fitnah (tipu daya).
3.     Bersahabatlah dengan orang yang sholeh, orang yang berilmu dan berada dalam hidayah (petunjuk dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala).
4.        Jauhilah orang-orang yang cinta dunia dan janganlah kamu berteman dengan orang-orang yang terkena fitnah (agamanya dengan tertipu oleh dunia). Jika kamu ridho dg pembagian dari Allah maka pasti kamu akan hidup penuh kenikmatan. Namun jika sampai tidak ridho, maka kamu akan senantiasa hidup dalam kesusahan.
5.     Sholatlah dengan hati hudlur/khusyu', tidak lalai dari mengahayati arti bacaan sholat.
6.     Janganlah kamu lalai dari mengingat kuburan dan kain kafan. Dunia ini bukanlah tempat untuk menetap (bermukim yang sebenar-benarnya). Tidak lain dunia hanya sekedar sebuah jalan yg menuju tanah air sesungguhnya (akherat).
7.      Tempat tinggal yang sesungguhnya adalah Surga diperuntukkan bagi orang yang bertaqwa kepada Allah Dan neraka bagi orang yang durhaka kepada Allah , maka perhatikan dengan baik semua nasehat ini!!
Ya Allah limpahkanlah kelembutan kasih sayang-Mu dan kecukupan dari-Mu kepada kami. Semata-mata itu hanya anugerah dari-Mu dan lindungilah kami dari kesesatan dan segala macam fitnah. Dan anugerahilah kami taufiq kebenaran kebaikan dan hidayah (petunjuk dari-Mu) Agar kami bisa mengikuti sunah baginda Nabi Muhammad hamba yang termulia dan pemimpin yang utama.
Semoga Allah melimpahkan sholawat dan salam sejahtera-Nya. dengan limpahan sholawat dan salam akhir akhir zaman.

0 Response to "WASIAT IMAM HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADAD RA. TARIM YAMAN "

Post a Comment