DOA SETELAH SELESAI SHOLAT DLUHA

MANFAAT DAN DOA USAI MELAKSANAKAN SHOLAT DLUHA
( الدعاء الضُحٰى )

Pengertian Sholat Dluha
Shalat Dhuha, istilah yang sangat populer dikalangan santri pada khususnya dan kalangan ummat islam pada umumnya. Sholat dluha merupakan jenis Shalat Sunnah yang dilakukan dari 2 rakaat hingga 12 raka’at. Adapun waktu untuk melaksanakan sholat Dluha adalah ketika matahari sudah terlihat sepanjang unjung tombak arau sekitar jam tujuh pagi hingga sebelum masuk waktu Shalat Duhur.

Keutamaan Shalat Dhuha 


Begitu banyak manfaat dari mengerjakan ibadah sholat Dluha, terutama untuk memperlancar rizki. Kanjeng Nabi Muhammad Saw, sering memerintahkan kepada para sahabatnya untuk mengerjakan Shalat Dhuha ini melalui sabdanya yang artinya ”Bershalat Dhuhalah karena dapat mendatangkan rezeki dan dapat menolak dari kekafiran serta tidak ada yg akan memelihara Shalat Dhuha melainkan orang – orang yang bertaobat”.


Manfaat Mendirikan Sholat Dluha
Diantara manfaat dan kelebihan mendirikan sholat dluha diantaranya adalah sebgai berikut :
1.        Mengerjakan Shalat Dhuha dua Raka’at saja itu sama dengan bersedekah sebanyak 360. Hal inni sepertii Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi ” Tubuh Manusia mempunyai 360 sendi yg semuanya harus dikeluarkan sedekahnya ” Lalu Para Sahabat Nabi Saw bertanya, ”Siapakah yg mampu melakukan hal itu wahail Rasulalloh ?” Beliau Nabi Muhammad menjawab, ”Engkau membersihkan dahak yang ada didalam Masjid itu Sedekah, kamu melakukan hal-hal yang baik maka hal itu juga sedekah. Namun jika kamu tidak dapat menemukanya (Sedekah sebanyak itu) maka kerjakanlah Shalat Sunnah Dhuha dua Raka’at sudah mencukupimu(Hadist HR. Abu Dawud).
2.        Shalat Dhuha dengan empat raka’at dapat membawa kecukupan disepanjang hari, Allah Swt berfirman dala hadits Qudsi yang artinya ”Wahai Anak adam! Janganlah kamu luput dari 4 (empat) Raka’at di awal harimu (dipagi hari), niscaya aku akan cukupkan untukmu disepanjang hari itu (HR. Ahmad)”.
3.        Manfaat Shalat Dhuha dijelaskan di dalam Hadist Riwayat Tirmidzi “bahwa siapa yg mengamalkan Shalat Dhuha maka ia akan mendapatkan rezeki yg lebih banyak dari harta rampasan perang, baik dalam hal kuantitas harta atau keberkahan harta tersebut”.
4.        Mengerjakan Sholat Dluha pahalanya sama dengan pahala mengerjakan Umrah di Mekkah.

Demikianlah sedikit uraian dari kami tentang manfaat dan keberkahan dalam melaksanakan sholat sunnah dluha. Adapaun doa yang sebaiknya dibaca menurut ajaran Rasulullah saw, adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَـمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَللّٰهُمَّ إِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَــهَآءُ بَــهَآءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِى اْلأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِ ضُحَآئِكَ وَبَــهَآئِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِـــنِى مَآ أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ. 

0 Response to "DOA SETELAH SELESAI SHOLAT DLUHA"

Post a Comment