AMALAN SUNNAH DI MALAM IDUL FITRI


AMALAN SUNNAH MALAM IDUL FITRI

Assalamu'alaikum wr.wb. Malam Idul Fitri, Malam yang sangat mulia. Malam pertama di bulan Syawal. Banyak riwayat Hadits menyebutkan tentang keutamaan beribadah di malam Idul Fitri. Bagi yang siap melaksanakan pastinya tidak tidur semalaman, nggak papa lah, melek semaleman setahun sekali. Diantara amalan dan doa-doa sunnah yang dianjurkan untuk dijalankan pada malam idul fitri adalah sebagai berikut :


1.          Mandi di saat matahari terbenam yakni di hari terakhir bulan Ramadhan
2.      Menghidupkan malam idul fitri dengan memperbanyak dzikir, doa,            istighfar, dan ik’tikaf di masjid.
3.        Membaca Takbir berikut setelah melaksanakan shalat maghrib, isya, subuh dan shalat Hari Raya Idul Fitri

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ  اللهُ اَكْبَرُ. لاَ اِلـٰهَ إلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ، اللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ، الْحَمْدُ ِللهِ عَلَى مَا هَدَانَا وَلَهُ الشُّكْرُ عَلَى مَا اَوْلاَنَا

Artinya :
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji milik Allah; Alhamdulillah kami panjatkan puji pada-Nya yang telah menunjuki kami, kami sampaikan rasa syukur pada-Nya yang telah menyayangi kami. 

Bacaan teks takbir lengkapnya sebagai berikut

اللهُ اَكْبَرُ كَبِــيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَــثِــيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُــكْرَةً وَّأَصِـيْلًا, لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ, صَدَقَ وَعْدَهُ, وَنَصَرَ عَبْدَهُ, وَأَعَزَّ جُــنْدَهُ وَهَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَاحْدَهُ, لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَلَا نَعْبُدُ اِلَّاإِيَّاهُ, مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ, وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ, لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْــبَرُ, اَللهُ اَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ.

Artinya :
Allah Maha Besar dengan segala Kebesaran-Nya, Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke Esaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

4.   Sholat sunah dua rekaat setelah selesai shlat ba’diyah maghrib, dengan catatan;
a.    Rakaat pertama setelah Fatihah membaca Surat Al-Ikhlash (1000 kali) atau (100 kali).
b.   Pada rakaat kedua setelah Fatihah membaca Surat Al-Ikhlash (sekali). Kemudian setelah salam melakukan sujud seraya membaca (100 kali) أتُـوْبُ إِلَيْهِ (Aku bertaubat kepada Allah). Dan kemudian mengangkat kedua tangan ke langit membaca:

يَا ذَا الْمَنِّ وَالطَّوْلِ يَا ذَا الْجُوْدِ يا مُصْطَفِيَ مُحَمَّدٍ وَنَاصِرَهُ، صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَاغْفِرْ لِي كُلَّ ذَنْبٍ اَحْصَيْتَهُ وَهُوَ عِنْدَكَ فِيْ كِتَابٍ مُبِيْنٍ

Artinya :
Wahai Yang Memiliki karunia dan anugrah, wahai Yang Memiliki kedermawanan, wahai Yang Memilih Muhammad dan Menolongnya, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan Keluarga Muhammad, dan ampuni seluruh dosaku yang telah Kau hitung, ia ada di sisi-Mu di dalam Kitab yang nyata.

Kemudian berdoa dan memohon kepada Allah tentang hajat yang diinginkan, insya Allah diijabah.

5.        Membaca doa ziarah kepada Imam Husein,as

السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ آدَمَ صَفْوَةِ اللهِ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ نُوْحٍ نَبِيِّ اللهِ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ إِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِ اللهِ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ مُوْسَى كَلِيْمِ اللهِ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ عِيْسَى رُوْحِ اللهِ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ مُحَمَّدٍ سَيِّدِ رُسُلِ اللهِ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ عَلِيٍّ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ خَيْرِ الْوَصِيِّيْنَ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَاوَارِثَ الْحَسَنِ الرَّضِيِّ الطَّاهِرِ الرَّاضِي الْمَرْضِيِّ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا الصِّدِّيْقُ اْلأَكْبَرُ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا الْوَصِيُّ الْبَرُّ التَّقِيُّ, السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَ عَلَى اْلأَرْوَاحِ الَّتِي حَلَّتْ بِفِنَائِكَ وَ أَنَاخَتْ بِرَحْلِك, السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَ عَلَى الْمَلاَئِكَةِ الْحَافِّيْنَ بِكَ, أَشْهَدُ أَنَّكَ قَدْ أَقَمْتَ الصَّلاَةَ وَ آتَيْتَ الزَّكَاةَ, وَ أَمَرْتَ بِالْمَعْرُوْفِ وَ نَهَيْتَ عَنِ الْمُنْكَرِ, وَ جَاهَدْتَ الْمُلْحِدِيْنَ, وَ عَبَدْتَ اللهَ حَتَّى أَتَاكَ الْيَقِيْن, السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ 

Artinya :
Salam untukmu wahai pewaris Adam pilihan Allah, salam untukmu wahai pewaris Nûh nabi Allah, salam untukmu wahai pewaris Ibrahim Khalîlullâh, salam untukmu wahai pewaris Mûsâ Kalîmullâh, salam untukmu wahai pewaris Isa Rûhullâh, salam untukmu wahai pewaris Muhammad Sayyidu Rusulillâh, salam untukmu wahai pewaris 'Ali Amîrul Mu`minîn dan Khairul Washiyyîn, salam untukmu wahai pewaris Hasan Al-Radhiyy, Al-Thâhir, Al-Râdhi dan Al-Mardhiyy, salam untukmu wahai Al-Shiddîq Al-Akbar, salam untukmu wahai Al-Washiyy, Al-Barr dan Al-Taqiyy, salam untukmu dan untuk arwâh yang berada di sisimu dan menyertai keberangkatanmu, salam untukmu dan untuk malaikat yang mengelilingimu. Aku bersaksi bahwa engkau telah mendirikan shalat, menunaikan zakat, memerintah dengan yang baik, mencegah dari yang mungkar, memerangi kaum yang ingkar dan mengabdi kepada Allah hingga datang kepadamu maut, salam untukmu rahmat Allah dan berkah-Nya.

6.        Kemudian membaca sholawat barriyyah seperti berikut

اَللّٰهُمَّ يَادَآئِمَ اْلفَضْلِ عَلَى اْلبَرِيَّةِ،  يَا بَاسِطَ اْليَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ، يَاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِيَّةِ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ خَيْرِ الْوَرَى سَجِيَّةً، وَاغْفِرْ لَنَا يَا ذَا الْعُلَى فِي هٰذِهِ الْعَشِيَّةِ

Artinya :
Wahai Yang Selalu Memberi karunia pada makhluk-Nya, wahai yang tangan-Nya terbuka dengan pemberian-Nya, wahai Pemilik karunia yang mulia, Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya manusia yang terbaik akhlaknya, dan ampuni kami pada malam ini wahai Yang Maha Mulia. 

7.        Shalat 10 rakaat seperti sholawat tarawih
8.      Shalat 14 rakaat. Setiap rakaat setelah Fatihah membaca ayat Kursi (sekali) dan Surat Al-Ikhlash (3 kali).
9.    Mandi sunnah di akhir malam (menjelang subuh), kemudian pergi ke Mushalla atau Masjid, duduk dan berdzikir sampai terbit fajar.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH
WASSALAMU'ALAIKUM WR,WB

0 Response to "AMALAN SUNNAH DI MALAM IDUL FITRI"

Post a Comment