URGENSI DAN HIKMAH SHOLAT

 

KHUTBAH JUM’AT SINGKAT BAHASA JAWA

HIKMAH SHOLAT

Selain memahami urgensi dan hikmah sholat, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kekhusyukan ibadah sholat kita. Disebutkan oleh Imam Ibnu Qudamah al-Maqdasy dalam kitabnya Mukhtasor Minhajul Qashidin, bahwa kekhusyukan adalah ‘puncak kebaikan’ dari adab-adab sholat yang kita kerjakan. Di dalam AlQuran pun sudah dijelaskan, bagaimana kekhusyukan menjadi ciri keberuntungan seorang mukmin. Karenanya menjadi sebuah kebutuhan bagi kita, untuk mengevaluasi kembali shalat yang kita jalani selama ini. Apakah sudah mendapati kekhusyukan dalam sholatnya, atau masih sering menjadikan sholat sebagai rutinitas biasa yang nyaris tidak berkesan apapun terhadap dirinya ?. Setiap kita tentu harus berusaha untuk meningkatkan kualitas sholatnya dari hari ke hari. Bukan hanya mengerjakan syarat dan rukunnya saja, tetapi berusaha mengejar kekhusyukan di dalam sholat, agar lebih optimal pengaruh dan pahala yang ia dapatkan.


Disebutkan dalam Tafsir Al-Wasith yang ditulis oleh Syeikh Al-Azhar, Muhammad Ali Tonthowi , makna khusyuk adalah : “ ketakutan dalam hati kepada Allah SWT, yang terlihat pada anggota badan, menjadikannya tenang dan merasakan bahwa berdiri menghadap Allah SWT “. Tentu saja ini adalah pekerjaan yang berat dan harus dilatih terus menerus.  Adapun beberapa langkah  untuk lebih khusyuk dalam sholat, secara umum telah dibahas dalam banyak kitab-kitab , diantaranya sebagai berikut :

Pertama : Menyadari fungsi dan pentingnya sholat : sehingga ia tidak lagi merasa sholat sebagai sebuah kewajiban, tetapi sebagai sebuah kebutuhan yang akan berakibat baik bagi dirinya sendiri, di dunia maupun akhirat.

Kedua : Istihdhor al-Qalb ( Konsentrasi ) : yakni mengosongkan hati dari hal hal yang mengganggu dan mencampuri konsentrasi ketika sholat. Karenanya disyariatkan niat di awal sholat sebagai pintu awal menata hati dan menghadirkannya. Rasulullah SAW juga mengingatkan godaan syetan ketika manusia tengah sholat . Dari Utsman bin Abi Ash, ia mendatangi Rasulullah SAW dan mengatakan : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syaitan telah menghalangi shalatku dan mengganggu bacaanku”.Maka Rasulullah SAW berkata : “ itu adalah syaitan yang bernama Khonzab, jika engkau merasakan maka bertaawudzlah (minta perlindungan kepada Allah), dan meludahlah ka arah kiri tiga kali “ (HR Bukhori)

Ketiga : Tafahum li ma’nal Kalam ( Mengetahui Arti lafal) : Dengan memahami makna bacaan yang kita lafalkan, maka akan membantu kekhusyukan dalam sholat, karena kita menghayati sepenuhnya doa-doa yang ada di dalamnya.

Keempat : Ta’dzhiim lillah ( Penghormatan & Pengagungan ) : Yaitu merasakan keagungan Allah dan sebaliknya kekerdilan kita sebagai hambanya. Hal ini akan memunculkan ketakutan saat sedang menjalani Sholat. Tidak ada kesombongan sedikitpun saat kita sholat.

Kelima : Dzkirul Maut ( Mengingat Mati ) : Kita merasa bahwa sholat kita ini adalah yang terakhir yang akan kita kerjakan, dimana setelahnya malaikat maut datang menjemput ajal kita. Perasaan ini menumbuhkan suasana kebatinan yang luar biasa, membantu sholat kita jauh lebih khusyuk dari sebelumnya.

Selain langkah-langkah di atas, syariat kita juga  menganjurkan sunnah-sunnah tertentu yang semuanya mengarah menuju optimalisasi kualitas sholat. Ada hal-hal yang dianjurkan : seperti bersiwak, memakai pakaian yang baik, berdoa ketika melangkah ke masjid. Ada pula hal-hal yang dilarang dan dimakruhkan, seperti : larangan makan makanan berbau menyengat, larangan sholat dalam kondisi menahan hajat, dan lain sebagainya. Jika semua ini dijalankan dengan baik, insya Allah akan membantu kita untuk menggapai sholat yang lebih khusyuk. Semoga Allah SWT memudahkan. Wallahu a’lam bishhowab.

 


إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. و بعد:  أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ: قاَلَ  اللهُ تعالى: يٰاأَيُـهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْداً يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَــكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ. وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيْمًا

Maasyirol muslimin rohimakumulloh.

Sumonggo kito ngunjukken raos syukur wonten ngarso Dalem Allah ingkang sampun maringi kito kenikmatan engkang boten kawical-wical. lan sumonggo kito ningkatakenn mutu keimanan lan kualitas taqwa klawan kanthi berusaha semaksimal mungkin kagem nindaki perintah dan nebihi sedoyo jegah sebagai bentuk konsekwensi mahabbah utawi trisno dhumateng Gusti Allah . Salajengipun, sholawat salam mugiho tansah kunjuk dhumateng nabi agung Muhammad   soho keluarga lan poro sohabatipun lan lumeber dhumateng sedoyo umatipun. Amin.

Kito sampun mangertosi bilih sedoyo tiyang muslim meniko ketratapan sholat gangsal wekdal, hananing tanpo kito sadari bilih kewajiban engkang mulyo puniko sekedar rutinita sarasan. Katah tiyang engkang sholat sekedar nggugurakaen kewajiban kemawon utawo absen sarasan. Keranten meniko lah, cubi kito cermati urgensi lan hikmahipun ngibadah sholat.   

Ing antawisipun urgensi saking sholat puniko, setunggaling ibadah engkang badhe dipun suwuni tenggel jawabi-pun langkung rumiyin ketimbang ngibaah-ngibadah sanesipun. Bahkan, cukup kaliyan sholat kemawon saged dados cermin saking pribadi kito. Sak lintune punjere ibadah, sholat ugi minongko tolok ukur sekaligus identitas keislaman kito kang mbedaake antaran tiyang islam kaiyan tiyang kafir. Kados dawuhipun Kanjeng Rasul :

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ (رواه الترميذي وأحمد وابن ماجه(

“Saktemene ngamal ibadah kang sepisanan di hisab hyo iku sholat. Yen sholate sae mongko bejo tumrap wong mahu, hananing yen sholate rusak mongko wong mahu bakal nemu karugenutawi kesengsaraan.” (HR. Tirmidzi, Ahmad dan Nasa’i).

Maasyirol muslimin rohimakumulloh.

Wondene hikmah lan fungsinipun sholat paling boen wonten tigang perkawis, nuninggih :

Sepisan : Sholat saged ngendaliaken diri saking kemaksiatan

Sebab wong mahu anggadahi hubungan sahe kaliyan Pengeran lan piambakipun ngeroso bilih Allah tansah ngawasi dhateng piambakipun sahinggo mboten antung nindaki dosa engkang saged ngotori citra taqwanipun dhumateng Allah Dawuhipun Allah :

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Lan dek-no sholat, saktemene sholat iku iso nyegah marang kemunkaran” (Al-Ankabut: 45).

Engkang kaping kalih : Sholat saged ngresiki Dosa

Sampun cetho bilih sedoyo menungso meniko mbote maksum kecuali poro Nabi lan Rasul. Milo, sholat minongko alat pembersih agem sedoyo dosa-dosa kito. Rasulullah nggambaraken bilih nindaki sholat gangsal wekdal ibarat adus ping limo tiap saben dintenipun.

Engkang kaping tigo: Sholat saged ngiyataken jiwo kito lan pikuwatan kagem ngadhepi sedoyo macm pacoben.

Sebab, esang ing ngalamdunyo puniko muter terus, wonten susah lan seneng, wonten kanthi silih berganti nah, sebagai tiyang muslim kedah kiyat anggenipn ngadepi sedoyo cobaan. Kanthi ngibadah sholat saged ndadosaken jiwo kito tansah tenang lan khusyuk sahinggo saged geangipun nggih sang soyo mantep

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

 “Becik ndadekno siro kabeh kesabaran lan sholat minongko pitulung iro. Lan saktemene kang mengkono mahu pancen abot sanggane kecuali kanggo wong-wong kang podho khusyuk,” (Al-Baqarah: 45).

Mugi-mugi kito kalebet dados tiyang engkang sami nampi nikmaipun ngibadah sholat lan saged nindaki sholat anthi khusyuk lan istiqomah. Amin.

 بَـارَكَ اللهُ لِى وَلَــكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْـكَرْيمِ,  وَنَفَعَنِى وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيٰاتِ وَالذَّكْرِ الْحَكِيْمِ  وَتَقَبَّلْ مِنِّى وَمِنْكُمْ تِلَا وَتَهُ, اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ


(KHUTBAH KEDUA)

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. عِبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَقَرَابَتِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ.

 

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ جَمِيْعَ وُلاَةَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَانْصُرِ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَأَعْلِ كَلِمَتَكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَّا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار.

 

 عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِذِى اْلقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ,  وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ, وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ, وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

0 Response to "URGENSI DAN HIKMAH SHOLAT "

Post a Comment