KHUTBAH JUM’AT SINGKAT BAHASA
JAWA
HIKMAH SHOLAT
Selain
memahami urgensi dan hikmah sholat, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga
kekhusyukan ibadah sholat kita.
Disebutkan oleh Imam Ibnu Qudamah al-Maqdasy dalam kitabnya Mukhtasor Minhajul
Qashidin, bahwa kekhusyukan adalah ‘puncak kebaikan’ dari adab-adab sholat yang
kita kerjakan. Di dalam AlQuran pun sudah dijelaskan, bagaimana kekhusyukan
menjadi ciri keberuntungan seorang mukmin. Karenanya menjadi sebuah kebutuhan
bagi kita,
untuk mengevaluasi kembali shalat yang kita jalani selama ini. Apakah sudah
mendapati kekhusyukan dalam sholatnya, atau masih sering menjadikan sholat
sebagai rutinitas biasa yang nyaris tidak berkesan apapun terhadap dirinya ?.
Setiap kita
tentu harus berusaha untuk meningkatkan kualitas sholatnya dari hari ke hari.
Bukan hanya mengerjakan syarat dan rukunnya saja, tetapi berusaha mengejar
kekhusyukan di dalam sholat, agar lebih optimal pengaruh dan pahala yang ia
dapatkan.
Disebutkan dalam Tafsir
Al-Wasith yang ditulis oleh Syeikh Al-Azhar, Muhammad Ali Tonthowi , makna
khusyuk adalah : “ ketakutan dalam hati kepada Allah SWT, yang terlihat pada
anggota badan, menjadikannya tenang dan merasakan bahwa berdiri menghadap Allah
SWT “. Tentu saja
ini adalah pekerjaan yang berat dan harus dilatih terus menerus. Adapun beberapa
langkah untuk lebih khusyuk dalam sholat,
secara umum telah dibahas dalam banyak
kitab-kitab ,
diantaranya sebagai berikut :
Pertama : Menyadari
fungsi dan pentingnya sholat : sehingga ia tidak lagi merasa sholat sebagai sebuah
kewajiban, tetapi sebagai sebuah kebutuhan yang akan berakibat baik bagi
dirinya sendiri, di dunia maupun akhirat.
Kedua : Istihdhor al-Qalb ( Konsentrasi
) : yakni
mengosongkan hati dari hal hal yang mengganggu dan mencampuri konsentrasi
ketika sholat. Karenanya disyariatkan niat di awal sholat sebagai pintu awal
menata hati dan menghadirkannya. Rasulullah SAW juga mengingatkan godaan syetan
ketika manusia tengah sholat . Dari Utsman bin Abi Ash, ia mendatangi
Rasulullah SAW dan mengatakan : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syaitan telah
menghalangi shalatku dan mengganggu bacaanku”.Maka Rasulullah SAW berkata : “ itu
adalah syaitan yang bernama Khonzab, jika engkau merasakan maka bertaawudzlah
(minta perlindungan kepada Allah), dan meludahlah ka arah kiri tiga kali “
(HR Bukhori)
Ketiga : Tafahum li ma’nal Kalam ( Mengetahui Arti lafal) :
Dengan memahami makna bacaan yang kita lafalkan, maka akan membantu kekhusyukan
dalam sholat, karena kita menghayati sepenuhnya doa-doa yang ada di dalamnya.
Keempat : Ta’dzhiim lillah ( Penghormatan &
Pengagungan ) : Yaitu merasakan keagungan Allah dan sebaliknya kekerdilan kita
sebagai hambanya. Hal ini akan memunculkan ketakutan saat sedang menjalani
Sholat. Tidak ada kesombongan sedikitpun saat kita sholat.
Kelima : Dzkirul Maut ( Mengingat Mati ) : Kita
merasa bahwa sholat kita ini adalah yang terakhir yang akan kita kerjakan,
dimana setelahnya malaikat maut datang menjemput ajal kita. Perasaan ini
menumbuhkan suasana kebatinan yang luar biasa, membantu sholat kita jauh lebih
khusyuk dari sebelumnya.
Selain
langkah-langkah di atas, syariat kita juga
menganjurkan sunnah-sunnah tertentu yang semuanya mengarah menuju
optimalisasi kualitas sholat. Ada hal-hal yang dianjurkan : seperti bersiwak,
memakai pakaian yang baik, berdoa ketika melangkah ke masjid. Ada pula hal-hal
yang dilarang dan dimakruhkan, seperti : larangan makan makanan berbau
menyengat, larangan sholat dalam kondisi menahan hajat, dan lain sebagainya.
Jika semua ini dijalankan dengan baik, insya Allah akan membantu kita untuk
menggapai sholat yang lebih khusyuk. Semoga Allah SWT memudahkan. Wallahu
a’lam bishhowab.
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ
وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ
يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ. و بعد: أُوْصِيْكُمْ
وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ: قاَلَ اللهُ تعالى: يٰاأَيُـهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا
اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْداً يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَــكُمْ وَيَغْفِرْ
لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ. وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيْمًا
Maasyirol muslimin
rohimakumulloh.
Sumonggo kito ngunjukken raos syukur wonten ngarso Dalem
Allah ﷻ
ingkang sampun maringi kito kenikmatan
engkang boten kawical-wical. lan sumonggo kito ningkatakenn mutu keimanan lan
kualitas taqwa klawan kanthi berusaha semaksimal mungkin kagem nindaki perintah
dan nebihi sedoyo jegah sebagai bentuk konsekwensi mahabbah utawi trisno
dhumateng Gusti Allah ﷻ. Salajengipun, sholawat salam mugiho tansah kunjuk
dhumateng nabi agung Muhammad ﷺ
soho keluarga lan poro sohabatipun lan lumeber dhumateng sedoyo
umatipun. Amin.
Kito sampun
mangertosi bilih sedoyo tiyang muslim meniko ketratapan sholat gangsal wekdal,
hananing tanpo kito sadari bilih kewajiban engkang mulyo puniko sekedar
rutinita sarasan. Katah tiyang engkang sholat sekedar nggugurakaen kewajiban
kemawon utawo absen sarasan. Keranten meniko lah, cubi kito cermati urgensi lan
hikmahipun ngibadah sholat.
Ing antawisipun urgensi
saking sholat puniko, setunggaling ibadah engkang badhe dipun suwuni tenggel
jawabi-pun langkung rumiyin ketimbang ngibaah-ngibadah sanesipun. Bahkan, cukup
kaliyan sholat kemawon saged dados cermin saking pribadi kito. Sak lintune punjere ibadah,
sholat ugi minongko tolok ukur sekaligus identitas keislaman kito kang mbedaake
antaran tiyang islam kaiyan tiyang kafir. Kados dawuhipun Kanjeng
Rasul ﷺ:
إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ
وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ (رواه الترميذي وأحمد وابن ماجه(
“Saktemene
ngamal ibadah kang sepisanan di hisab hyo iku sholat. Yen sholate sae mongko
bejo tumrap wong mahu, hananing yen sholate rusak mongko wong mahu bakal nemu
karugenutawi kesengsaraan.” (HR. Tirmidzi, Ahmad dan Nasa’i).
Maasyirol muslimin
rohimakumulloh.
Wondene
hikmah lan fungsinipun sholat paling boen wonten tigang perkawis, nuninggih :
Sepisan
: Sholat saged ngendaliaken diri saking kemaksiatan
Sebab
wong mahu anggadahi hubungan sahe kaliyan Pengeran lan piambakipun ngeroso bilih
Allah tansah ngawasi dhateng piambakipun sahinggo mboten antung nindaki dosa engkang
saged ngotori citra taqwanipun dhumateng Allah ﷻ Dawuhipun
Allah :
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ
إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
“Lan dek-no sholat,
saktemene sholat iku iso nyegah marang kemunkaran” (Al-Ankabut: 45).
Engkang
kaping kalih : Sholat saged ngresiki Dosa
Sampun
cetho bilih sedoyo menungso meniko mbote maksum kecuali poro Nabi lan Rasul. Milo,
sholat minongko alat pembersih agem sedoyo dosa-dosa kito. Rasulullah ﷺ nggambaraken
bilih nindaki sholat gangsal wekdal ibarat adus ping limo tiap saben dintenipun.
Engkang
kaping tigo: Sholat saged ngiyataken jiwo kito lan pikuwatan kagem ngadhepi
sedoyo macm pacoben.
Sebab,
esang ing ngalamdunyo puniko muter terus, wonten susah lan seneng, wonten kanthi
silih berganti nah, sebagai tiyang muslim kedah kiyat anggenipn ngadepi sedoyo
cobaan. Kanthi ngibadah sholat saged ndadosaken jiwo kito tansah tenang lan
khusyuk sahinggo saged geangipun nggih sang soyo mantep
وَاسْتَعِينُوا
بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
“Becik ndadekno siro kabeh kesabaran lan
sholat minongko pitulung iro. Lan saktemene kang mengkono mahu pancen abot
sanggane kecuali kanggo wong-wong kang podho khusyuk,” (Al-Baqarah: 45).
Mugi-mugi
kito kalebet dados tiyang engkang sami nampi nikmaipun ngibadah sholat lan
saged nindaki sholat anthi khusyuk lan istiqomah. Amin.
(KHUTBAH KEDUA)
اَلْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ
بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ
وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. عِبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ
تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. إِنَّ اللهَ
وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ
ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ
وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ
وَقَرَابَتِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ.
اَللَّهُمَّ
أَصْلِحْ جَمِيْعَ وُلاَةَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَانْصُرِ اْلإِسْلاَمَ
وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَأَعْلِ
كَلِمَتَكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ
وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ
مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا
قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَّا
بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي
الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار.
عِبَادَ
اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِذِى
اْلقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْىِ يَعِظُكُمْ
لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ, وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ, وَاسْئَلُوْهُ مِنْ
فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ, وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ
0 Response to "URGENSI DAN HIKMAH SHOLAT "
Post a Comment